loading...

Bongkahan tanah berisi uang koin kuno yang ditemukan warga Desa Gunan Kecamatan Slogohimo, Wonogiri.

WONOGIRI-Publik Kota Mete Wonogiri belakangan dihebohkan dengan penemuan uang koin kuno di Desa Gunan Kecamatan Slogohimo. Yang membuat kehebohan adalah jumlah uang yang ditemukan sangat banyak hingga jika ditimbang sekitar lima kilogram beratnya.

Uang koin kuno berbahan tembaga berlubang tengah itu ditemukan Sugiono (36), warga Dusun Bulak Etan RT 2 RW 4, Desa Gunan, Kecamatan Slogohimo

Ketika dijumpai di kediamannya, Rabu (5/9/20180, dia mengaku tidak tahu secara pasti jumlah koin yang ditemukan di ladangnya. Koin itu terlihat bertumpuk dan masih bercampur tanah kering.

“Sejak saya temukan, Kamis (30/8/2018) petang, belum saya apa-apakan,” kata dia.

Bapak beranak tiga ini menceritakan, kala itu, ayah kandungnya Kasto (56) tengah mengairi sawah yang ditanami jagung. Ketika itu air meluber dan membuat salah satu pematang longsor. Ketika didekati dia melihat benda menyerupai logam menggumpal terbungkus tanah di tebing pematang sawah warisan keluarganya yang tingginya sekitar satu meter lebih.

“Semua koin itu sudah menghijau tertutup korosi. Tidak ada petunjuk tahun pembuatan uang itu. Hanya saja, sekilas terlihat huruf kanji pada sisi mata uang tersebut,” terang dia.

Loading...

Setelah penemuan uang kuno tersebut dia mengaku sempat memposting di salah satu grup media sosial. Dia mengaku ada salah seorang netizen berminat membelinya namun dirinya belum merespon.

Untuk sementara uang koin kuno yang ditaksir ratusan keping itu masih disimpan di rumah. Tapi kalau ada yang berani membeli mahal kemungkinan akan dilepas. Aris Arianto

Loading...