loading...

Kasdim Sragen dan Kapenrem Surakarta saat menggelar coffee morning, Senin (3/9/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN- Kodim 0725/Sragen mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat untuk menjadi satu dari empat Kodim di Jateng yang terpilih menjalankan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-103 Tahun 2018. Dengan gelontoran dana Rp 1,4 miliar itu, TMMD Reguler di Sragen akan direalisasikan di Desa Sukorejo, Sambirejo untuk membangun proyek embung, pengecoran jalan dan sasaran fisik lainnya.

Hal itu terungkap dalam acara coffee morning Kodim 0725/Sragen dengan jajaran awak media Sragen dan Soloraya di Sragen, Senin (3/9/2018). Dalam paparannya, Kasdim 0725 Sragen Mayor Inf Danu Prasetyo, mengungkapkan TMMD Reguler adalah program pusat yang dilewatkan Korem dan Kodim.

Untuk tahun 2018 ini, Kodim Sragen terpilih dari pusat untuk menjadi satu-satunya pelaksana TMMD Reguler di wilayah Soloraya.

Di Jateng-Yogyakarta sendiri, hanya ada empat Kodim yang menerima program serupa yakni Batang, Sleman dan Rembang.

“Kemarin Bapak Komandan sudah Rakornis dengan Bupati, Ketua DPRD dipimpin Mendagri di Jakarta. Maka dari itu, kami berharap kerjasama semua pihak sehingga TMMD Reguler di Sragen bisa booming dan menjadi inspirasi masyarakat Sragen,” paparnya.

Danu menguraikan TMMD itu nantinya akan digunakan untuk 4 sasaran fisik di Desa Sukorejo, Sambirejo. Di antaranya membangun embung tangkapan air seluas 3000 meter persegi di Desa Sukorejo, Kecamatan Sambirejo.

Loading...

“Embung luasnya 3000 meter persegi bisa untuk mengairi sekitar 20-30 hektar sawah, kalau musim kering kecil tapi kalau penghujan mungkin bisa besar,” kata Kasdim.

Danu Prasetyo menguraikan pembangunan embung tersebut menjadi salah satu program untuk mendukung swasembada pangan.

Menurutnya embung itu berbeda dengan embung lainnya yang dibangun di Sragen. Embung ini nantinya  memiliki sumber air sendiri, sehingga tidak hanya mengandalkan pasokan air saat musim penghujan.

Pembangunan embung ini sendiri berdasarkan masukan dari warga setempat yang mengetahui ada sumber air, namun belum tergarap maksimal. Dengan adanya pembangunan embung ini diharapkan, dapat menampung air dan mengatur aliran irigasi di lahan pertanian yang ada dibawahnya.

Kodim 0725/Sragen dipercaya untuk melaksanakan TMMD Reguler ke-103 tahun 2018 ini di Wilayah Korem 074 Warastratama/Surakarta. Sedangkan anggaran yang dikucurkan dari pusat sejumlah Rp 1,4 miliar untuk perbaikan fisik maupun non fisik.

Sementara Kapenrem 074 Warastrama/Surakarta, Mayor Inf Alfian Yudha menyampaikan, selain pembangunan embung TMMD Reguler juga akan melakukan betonisasi jalan kampung di Kecamatan Sambirejo. Kemudian Jambanisasi, rehap Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), serta pembangunan gorong-gorong.

Sedangkan sasaran non fisik akan dilakukan penyuluhan narkoba, kesehatan hingga sosialisasi penerimaan CPNS, Anggota Polri dan TNI. Wardoyo

 

Loading...