loading...

Yuliantoro

PACITAN  – Pacitan tak hanya dikenal dengan kota 1001 Gua. Namun juga memiliki keindahan pantai laut selatan yang nan eksotik, salah satunya Pantai Banyu Tibo. Dengan tebing karang yang begitu indah, ombak Samaudra Indonesia besar menantang untuk berselancar, serta hamparan rumput laut  di sepanjang pantai, dan dilengkapi air terjun unik dari aliran sungai bawah tanah, menarik pengunjung untuk berwisata.

Lokasi Pantai Banyu Tibo ini berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, sebuah wilayah  pinggiran selatan Kabupaten Pacitan.

Tak berbeda dengan pantai lain yang ada di Pacitan. Berpasir putih, eksotik alamnya dan memiliki air laut yang bersih. Keberadaan air terjun dari aliran sungai bawah tanah pegunungan karst yang jatuh dari tebing merupakan yang membedakan dengan pantai lainnya. Pantai Banyu Tibo sendiri sebenarnya tidak terlalu luas. Bahkan jika air laut sedang pasang kita hanya bisa menikmati pemandangan pantai dari atas tebing.

Namun, saat air sedang surut, bermain di area pantai sangat menyenangkan. Wisatawan bisa shurfing, melihat rumput laut hijau, selfi di balik tebing dan batu karang, menikmati air terjun yang jatuh langsung ke area bibir pantai. Ini pemandangan indah yang luar biasa. Apalagi volume air terjun disini cukup tinggi.

Sagimin, Ketua Pengelola Pariwisata Desa setempat menjelaskan, Pantai Banyu Tibo eksis sejak tahun 2010. Pada awalnya hanya turis asing yang suka selancar saja. “Turis asing suka menyusuri jalan setapak mencari pantai yang unik dan akhirnya menemukan tempat yang bisa untuk selancar. Karena memang ombaknya sangat memantang,” ujarnya.

Seiring dengan perjalanan waktu, makin lama makin banyak turis yang datang untuk selancar hingga akhirnya dibuka sebagai objek wisata baru. Akses jalan yang awalnya setapak, berkat kesadaran warga kemudian diperlebar menjadi empat meter bisa dilalui kendaran roda empat.

Loading...

Kendati menuju Pantai Banyu Tibo sudah bisa dilalui mobil, namun kondisi jalan menuju masih cukup sulit. Medannya berupa jalanan beton yang sedikit berlumut sehingga agak licin sehingga anda harus lebih berhati-hati saat melintasinya.

Dari pintu masuk di pandu petugas yang berkomunikasi dengan petugas yang ada di ujung pantai secara bergantian. “Meskipun akses transporasi masih belum memadai tapi kunjungan wisatanya kalau liburan mencapai ribuan. Tempat ini penuh dengan pengunjung.”

Nama “Banyu Tibo” sendiri diambil dari Bahasa Jawa yang artinya air jauh. Nama ini merujuk pada keberadaan air terjun di pantai tersebut

Pengunjung yang akan masuk ke kawasan wisata Pantai Banyu Tibo akan dikenai harga tiket masuk Rp 10.000 untuk dewasa.

Pantai Banyu Tibo sudah tersedia sejumlah fasilitas yang akan menunjang kenyamanan pengunjung selama berwisata. Beberapa fasilitas yang tersedia antar lain Area Parkir, toilet, ruang ganti, warung makan, dan banyak lagi fasilitas lainnya. Yuliantoro

Loading...