JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Padmanaba Festival Bregada Nusantara 2018, Puluhan Bregada Drone Bakal Beratraksi

umpa pers Padmanaba Festival Bregada Nusantara (FBN) 2018 di Merapi Resto pada Selasa (18/9/2018) siang Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Puluhan Bregada Drone Bakal Beratraksi Meriahkan Padmanaba Festival Bregada Nusantara 2018, http://jogja.tribunnews.com/2018/09/18/puluhan-bregada-drone-bakal-beratraksi-meriahkan-padmanaba-festival-bregada-nusantara-2018. Penulis: Noristera Pawestri Editor: Gaya Lufityanti
Jumpa pers Padmanaba Festival Bregada Nusantara (FBN) 2018 di Merapi Resto pada Selasa (18/9/2018) siang. Foto: Tribunjogja.com

JOGJA-Padmanaba Festival Bregada Nusantara (FBN) 2018 akan dihelat pada Minggu (23/9/2018) besok. Uniknya even ini juga akan diikuti Puluhan Bregada Drone.

Mengutip Tribunjogja.com, layaknya rombongan prajurit, Bregada Drone ini nantinya akan berjalan marginer yang berada dalam barisan dan memakai seragam.

Creative Director FBN 2018, Ari Wulu menuturkan, Bregada Drone ini berbentuk bregada yang dikendalikan menggunakan remot.

“(Bregada Drone -red) tidak berjiwa namun dikendalikan oleh manusia yang mempunyai cipta, rasa, karsa,” ujar Ari Wulu saat menggelar jumpa pers pada Selasa (18/9/2018)

Kehadiran Bregada Drone dalam gelaran festival ini, memberikan suguhan keunikan tersendiri dengan memadukan teknologi modern dan teknologi tradisional.

“Nanti juga ada konfigurasi display di depan panggung. Yang jelas ini tidak berbahaya karena kami sudah koordinasikan dengan pengawas udara di Jogja yang punya pengalaman dibidang aviasi, skill pilot kita perhitungkan,” lanjut dia.

Melalui Bregada Drone ini, pihaknya ingin menginspirasi Padmanaba dengan menciptakan inovasi melalui inovasi Bregada Drone yang dikembangkan.

“Lewat kreasi inovasi, inovasi dibutuhkan untuk mengembangkan kebudayaan baik di DIY maupun Indonesia,” ungkapnya.

Padmanaba Festival Bregada Nusantara (FBN) 2018 merupakan festival dan lomba kreasi kostum dan gerak Prajurit Keraton Nusantara yang diinisiasi oleh Keluarga Besar Alumni (KBA) SMAN 3 Padmanaba Yogyakarta untuk mengenalkan bregada kepada siswa SMA/SMK sederajat se-DIY.

Ketua Umum KBA SMAN 3 Yogyakarta, Hendri Saparini menyampaikan, tujuan membuat event ini untuk menarik wisatawan domestik maupun asing.

Baca: Tingkatkan Budaya Membaca, BPAD DIY Kukuhkan Duta Baca

“Tujuan lainnya untuk mendorong siswa SMA untuk cinta dan ikut melestarikan budaya bangsa dengan mengasah inovasi dan kreativitas di bidang gerak dan tata busana,” ujar Hendri.

Selain itu, festival bertajuk “Nyawiji Nguri-uri Makmuring Negeri” ini ingin mendorong persatuan untuk melestarikan kebudayaan dan menciptakan kemakmuran di seluruh Indonesia.

Padmanaba FBN 2018 akan menampilkan perpaduan seni, gerak Prajurit Keraton, dan kreasi kostum yang unik ini akan menempuh rute Taman Parkir Abu Bakar Ali – Malioboro – Benteng Vredeburg. #trinunnews

Baca Juga :  Pilkada 2020 Berdampak Pada Penambahan Kasus Positif Covid-19