JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pilpres 2019 Ternyata Membuat Yenny Wahid Kecewa, Ini Masalahnya

   
tempo.co

JAKARTA – Pesta pemilihan presiden (Pilpres) 2019 ternyata membuat putri kedua Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid kecewa. Pasalnya, dalam ajang pesta demokrasi tersebut, tidak ada perwakilan perempuan yang maju sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden.

“Saya sesalkan tak ada wakil perempuan yang jadi capres atau cawapres 2019,” ujar Yenny Wahid ditemui di sela Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia, di Yogyakarta, Jumat 14 September 2018.

Padahal jika bicara soal kesetaraan gender, ujar Yenny, banyak sekali perempuan Indonesia yang sangat pantas untuk bersaing dalam peta politik nasional. Yenny maklum jika perempuan di Indonesia saat ini belum bisa leluasa berkiprah di panggung politik karena masih banyak faktor yang menghalanginya.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Kaum perempuan di Indonesia menurutnya masih harus mengalahkan berbagai kungkungan agar bisa mendapatkan nominasi atau tiket maju capres atau cawapres.

Meski tak ada perwakilan perempuan dalam pilpres 2019 nanti, Yenny mengaku masih cukup terobati dengan sejumlah tokoh perempuan di bidang politik yang menurutnya cukup menginsiprasi dalam menggapai kedudukan tinggi di pemerintahan.

Baca Juga :  116 Laporan ke Bawaslu Tak Ditindaklanjuti, TPN Ganjar-Mahfud Bawa 10 Boks Alat Bukti ke MK

Misalnya, Yenny mengaku salut dengan langkah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Bu khofifah sampai tiga kali maju sebagai gubernur sampai akhirnya berhasil, perjuangannya sangat menginspirasi,” ujar Yenny Wahid.

Yenny Wahid mengimbau pada ribuan perempuan yang hadir dalam acara itu untuk tak gentar menghadapi tekanan ketika memutuskan bergerak di bidang politik. Menurutnya perempuan Indonesia merasa nomor dua karena selama ini masih terpengaruh dengan pemikiran dan hegemoni-hegemoni bahwa kaum perempuan subjek nomor dua setelah laki-laki.

“Kalau mau kursi politik, perempuan harus berani merebutnya,” ujarnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com