JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Selain Lezat Rasanya, Ubi Juga Bikin Awet Muda dan Nyenyak Tidur

pexels
pexels

Ubi merupakan salah satu jenis makanan yang mudah ditemui  di Indonesia. Ada bermacam-macam jenis ubi, ada ubi kuning, putih ataupun ungu.

Selain enak rasanya, ubi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ubi kaya antioksidan. Makin gelap warnanya, makin banyak kandungan antioksidannya. Ubi juga mengandung vitamin A, B, C, kalsium dan potasium yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan.

Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi ubi untuk kesehatan pria:

1. Mengurangi stres
Menurut Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional, kandungan kalium tinggi dalam ubi jalar cukup untuk menurunkan tekanan darah secara signifikan dan mengimbangi efek stres.

2. Penuhi kebutuhan serat
Penelitian yang dilakukan oleh Cleveland Clinic menemukan bahwa ubi adalah salah satu sumber serat makanan utama dunia, yang berarti dapat membantu menurunkan kolesterol dan penurunan berat badan secara sehat.

Baca Juga :  Waspada, Risiko Terinfeksi Virus Meningkat di Musim Pancaroba. Ini Saran dari Dokter agar Terhindar dari Covid-19

3. Anti aging
Institut Kesehatan Nasional menemukan ubi jalar mengandung 100% vitamin A RDA, yakni bahan aktif dalam sebagian besar krim anti penuaan atau anti aging.

4. Jaga berat badan
Ubi dapat menetralisir kerusakan yang disebabkan oleh permen dan makanan manis lainnya yang kurang sehat. Ubi kaya akan magnesium yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan memetabolisme karbohidrat dan mendorong nafsu makan yang stabil, menurut penelitian oleh Oregon State University.

5. Terhindar dari kanker
Mengolah ubi dengan cara dipanggang di microwave selama 8 menit ternyata lebih baik bagi kesehatan, salah satunya menghindarkan peluang terkena kanker. Penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menemukan diet kaya beta-karoten mengurangi risiko kanker prostat hingga 40 persen.

Baca Juga :  Hasil Penelitian di Inggris Klaim Temukan Titik Kelemahan Virus SARS-CoV-2 Penyebab Covid-19

ADVERTISEMENT

6. Tidur nyenyak
Menurut Journal of Medicinal Food, ubi mengandung kolin, yakni zat yang dapat membantu mengatasi masalah susah tidur. Dengan makan ubi, seseorang akan dapat tidur dengan nyenyak.

7. Lawan infertilitas
Ubi kaya akan potasium yang membantu melawan tekanan darah tinggi, yang berkaitan dengan risiko disfungsi ereksi. Ubi juga kaya akan beta-karoten, memenuhi asupan vitamin A untuk tubuh, yang membantu atasi masalah infertilitas.

www.tempo.co