JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Wow Keren, Siswa SMKN 1 Purworejo Ini Berhasil Ciptakan Helm Antibegal

   

PURWOREJO –  Indonesia ternyata memiliki generasi muda yang kreatif dan inovatif. Ini salah satunya. Dua berhasil menciptakan safety helmet anti begal yang dibuat sejak januari 2018.

Helm itu diklaim bisa terkoneksi dengan motor, dalam jarak sekitar 50 meter, helm dapat mematikan mesin motor sekaligus menghidupkan sirine.

Tempo sempat melihat langsung demonstrasi safety helmet  itu di SMKN 1 Purworejo yang dilakukan di sana Senin (24/9/2018). Satu orang siswa menjadi korban begal dengan mengendarai motor memakai safety helmet anti begal yang sudah disetting.

Dua orang siswa menjadi begal dengan menodongkan senjata kemudian merampas motor korban. Setelah motor berhasil dibawa kabur, korban menekan tombol pada helm dan dalam seketika motor mati sekaligus menyalakan sirine untuk menarik perhatian orang sekitar.

Guru Pembimbing jurusan Teknik Kendaraan-bermotor Ringan (TKR) SMKN 1 Purworejo, Eko Wahyu mengatakan, sistem kerjanya dibuat melalui mikrokontroler yang diprogram dari komputer untuk menyesuakan sistem yang dibutuhkan.

“Helm ini akan mengirimkan sinyal radio frekuensi ke sepeda motor yang sudah disesuaikan dengan program pada helm, sehingga dalam jarak sekitar 50 meter, radio frekuensi ini mematikan kelistrikan dan menyalakan sirine sepeda motor,” ujarnya pada Senin (24/9/2018).

Untuk rencana produksi massal, menurut Eko, masih belum karena masih dalam tahap pengembangan supaya produk ini benar-benar matang. Kalau sudah dikembangkan, nantinya bisa disesuikan ke segala macam bentuk helm baik itu half face maupun full face.

“Berawal dari maraknya kasus begal, saya bepikir bagimana cara mengatasi itu sehingga terciptalah safety helmet anti begal ini,” kata penemu sekaligus siswa jurusan TKR kelas XII SMKN 1 Purworejo, Agung Budi.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com