3S Alias Senyum, Sapa dan Salam. Kunci Sukses Satgas TMMD Tanamkan Semangat Kebersamaan TNI dan Warga Sukorejo

Anggota Satgas TMMD dan Warga Sukorejo sedang bersalaman, Minggu (28/10/2018).Foto: Wardoyo

SRAGEN—Minggu (28/10/ 2018) pagi warga desa Sukorejo berbondong-bondong mendatangi ujung jalan dusun Segagan,  Sukorejo. Mereka ke sana tidak hanya sekedar jalan-jalan atau menikmati hari libur, namun mereka akan melanjutkan pengecoran jalan dalam rangka  TMMD Reg ke 103 Kodim 0725/ Sragen di desa Sukorejo.

Dusun Segagan, desa Sukorejo, Sambirejo, Sragen merupakan dusun dengan wilayah perbukitan. Untuk menuju dusun tersebut  harus melewati jalan terjal dengan medan  naik turun.  Di dusun inilah saat ini sedang dibangun jalan tembus yang menghubungkan pusat desa Sukorejo dengan dusun Segagan.

Dua orang warga dusun Pakis, desa Sukorejo Suyono (50) dan Suwarno (62) berjalan menuju ke lokasi pengerjaan cor jalan sembari berbincang. “Wah iki wes meh setengah perjalanan mbangun cor jalane yo pak,  Alhamdulillah sukorejo dadi tambah rejo nek akeh pembangunan ngene iki yo” ujar Ketua RT 01, Suyono, Minggu (28/10/2018).

Suwarno kemudian menanggapi perkataan dari Suyono  ” Geh pak RT kulo geh remen nek dalan tembus niki saget dados pak kersane dsn segagan tambah maju”.

Foto: Wardoyo

Tak berselang lama mereka berjalan, keduanya bertemu dengan salah seorang  Satgas TMMD bernama Sertu Sukalis (45) anggota Ramil 07/Ngrampal.  Sertu Sukalis  menyapa mereka berdua “Selamat pagi pak,  wah sampun siap kerjo malih niki.  Monggo sareng -sareng geh” sembari bertegur sapa mereka bertiga pun saling bersalaman satu sama lain.

Sertu Sukalis menuturkan bahwa Satgas TMMD di desa  Sukorejo menerapkan 3S dalam mengawali setiap pekerjaan.

3S adalah senyum, sapa dan salam.  Hal ini bertujuan agar setiap harinya kita menanamkan semangat kebersamaan TNI bersama rakyat untuk bersatu dan bersama sama membangun desa Sukorejo ini.

Senyum, sapa dan salam merupakan adat ketimuran yang baik untuk di lestarikan. Dan dengan kebersamaan inilah maka akan timbul rasa saling menghormati dan menghargai. Yang terpenting dengan bersatunya TNI dan rakyat maka pengerjaan cor jalan akan segera dapat diselesaikan, tentunya secara bergotong-royong demi membangun desa Sukorejo ke masa depan yang lebih baik. Marwantoro S