loading...
Loading...
Tempo.co

JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenprin) menyatakan mobil Esemka telah memenuhi persyaratan untuk masuk fase produksi massal. Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenprin, Putu Juli Ardika, menuturkan produsen mobil Esemka sudah siap dengan beberapa jenis. “Mereka sudah menjalani ketentuan administrasi sesuai prosedur. Produksi bisa dilakukan,” kata dia Minggu, (7/10/2018).

Menurut Putu, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero selaku produsen Esemka sudah memiliki nomor sertifikat uji tipe dan nomor identifikasi kendaraan bermotor. Dia mengatakan model yang terdaftar untuk produksi pertama adalah kendaraan bak terbuka atau pikap dan sport utility vehicle. “Namun, soal kapan produksinya, tergantung produsen. Kami menunggu saja,” ujar dia.

Kepala Sub-Direktorat Uji Tipe Kendaraan Bermotor Kementerian Perhubungan, Dewanto Purnacandra, mengatakan model Esemka yang akan diluncurkan sudah lulus uji tipe. “Setelah melalui beberapa proses uji tipe, mobil Esemka mendapatkan sertifikat dari Kementerian Perhubungan. Ini menunjukkan bahwa mobil ini sudah layak produksi,” katanya.

www.tempo.co

Loading...