loading...
Loading...
Humas UNS

SOLO– Ada yang tidak biasa pada acara wisuda Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang digelar Sabtu (20/10/2018), di Auditorium kampus setempat. Untuk pertama kalinya, UNS mewisuda lulusan dari program studi profesi insinyur.

UNS mewisuda 1.807 wisudawan dimana 12 orang di antaranya merupakan lulusan dari program studi (prodi) profesi insinyur.

“Selamat kepada semuanya. Kami meluluskan insinyur pada hari ini. Banyak di antara mereka yang sudah bergelar profesor, doktor, tapi karena untuk meraih gelar profesi, maka tidak ada sesuatu yang dibedakan,” kata Rektor UNS Surakarta, Profesor Ravik Karsidi.

Ungkapan bahagia dan bangga juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr. Techn. Ir. Sholihin As’ad, M.T.

Baca Juga :  Gubernur Ganjar Sebut Pungli itu Penyakit yang Nyebelin, ASN yang Ketahuan akan Ditindak Tegas

“Senang sekali. Ini artinya persiapan panjang sejak turunnya mandat dari Menteri Ristek Dikti pertengahan 2016, kemudian kita mendapat izin penyelenggaraan akhir 2017, pelatihan calon penilai dan lain-lain, semuanya bisa kita selesaikan hingga proses akhir,” tuturnya.

Kini, lanjut Sholihin, pihaknya tengah melakukan penilaian RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) kedua dengan peserta internal. “Peserta dari dosen UNS sendiri yang akan kita tuntaskan hingga Desember 2018. Jumlahnya sekitar 20 orang,” jelasnya.

Menurut Sholihin, prodi program profesi insinyur akan makin mantap dalam menyelenggarakan program insinyur, dengan tenaga jumlah pengajar dan penilai dengan kualifikasi standar yang cukup. Ke depannya, pihaknya berencana untuk memperkuat hubungan dengan industri.

Baca Juga :  UNS Jalin Kerjasama dengan PT Ndayu Park Bitec

“Tugas kami ke depan adalah memperkuat hubungan dengan industri agar program profesi insinyur yang non RPL(rekognisi pembelajaran lampau) bisa berjalan bagus. Pola reguler membutuhkan tempat di industri sebagaimana calon dokter melakukan co-as di rumah sakit,” tutupnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof Ravik Karsidi dalam sambutannya berpesan pada wisudawan agar mampu menjadi kaum intelektual yang solutif. Pada wisuda hari ini, 1.807 wisudawan terdiri atas Program Pascasarjana sebanyak 208 orang, Program Sarjana sebanyak 1.099 orang, Program Diploma IV sebanyak 19 orang dan Program Diploma III sebanyak 437 orang. Ditambah lulusan Program Pendidikan Dokter Spesialis sebanyak 32 orang dan Program Profesi Insinyur sebanyak 12 orang.

Baca Juga :  Mahasiswa UNSA Ikuti Latihan Bela Negara Di Lanud Adi Soemarmo

Di antara ribuan wisudawan tersebut tercatat sebanyak 767 wisudawan berpredikat cumlaude. Artinya, 42,45 persen dari wisudawan periode V kali ini berpredikat cumlaude.

“Sungguh, sangat membanggakan bagi kita semua. Ini merupakan salah satu wisuda dengan predikat cumlade terbanyak yang pernah saya hadiri,” kata Rektor. Triawati PP

Loading...