loading...
Loading...
Kasatlantas Sragen saat memberikan amplop untuk anak kecil yang tertib pakai helm, Selasa (6/11/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN– Ada-ada saja ide untuk mengkampanyekan ajakan positif tertib berlalulintas. Salah satunya yang ditunjukkan Polres Sragen.

Dipimpin Kasatlantas AKP Dani Permana Putra, sejumlah tim sosialisasi dari Satlantas terjun menggelar kampanye unik lewat aksi bagi-bagi helm gratis kepada pengendara motor.

Tak hanya itu, Kasatlantas juga membagikan rezeki berupa amplop berisi uang saku kepada pengendara. Sayangnya, yang disasar adalah anak-anak sekolah yang membonceng sepeda motor orangtuanya.

Aksi bagi helm dan amplop itu digelar pukul 06.30 hingga pukul 07.30 WIB. Terjun langsung ke lapangan, Kasatlantas ikut menghentikan pengendara yang memboncengkan anaknya berangkat ke sekolah.

Awalnya mereka ketakutan karena anaknya tak dipakaikan helm. Namun rupanya itu malah membawa berkah karena langsung diganjar hadiah helm dari Kasat.

Baca Juga :  Tertabrak Kereta Api, 2 Perempuan Asal Gondang Sragen Ditemukan Tewas Mengenaskan. Korban Diketahui Baru Pulang Njagong 

“Ini salah satu dalam rangka Operasi Zebra Candi. Jadi kita tidak hanya melakukan tindakan tilang saja, tapi ini adalah wujud pendidikan ke masyarakat dengan memberikan informasi langsung ke lapangan yang bersifat edukasi. Memberikan informasi kalau kita melaksanakan Operasi Zebra Candi 2018 di seluruh jajaran Polres Sragen,” terang Kasatlantas Polres Sragen AKP Dani Permana Putra, Selasa (6/11/2018).

Dalam kegiatan ini, sedikitnya ada 10 anak-anak yang kebagian helm karena tak memakai helm. Sebaliknya, bagi anak-anak yang telah memakai helm, pihaknya memberikan uang saku sebagai bentuk reward atas kesadaran berlalu lintas. Anak-anak pun kegirangan dapat uang saku dadakan itu.

Baca Juga :  Bupati Sragen Resmi Ambil Formulir Pendaftaran Pilkada ke DPC PDIP. Siapa Wakilnya? 

“Harusnya anak-anak yang masih di bawah umur, dalam berkendara dibiasakan menggunakan helm. Tapi bagi yang pakai helm kita berikan reward berupa uang saku untuk ke sekolah, dimana ini sebagai apresiasi yang kita tunjukkan kepada masyarakat atas penggunaan helm,” jelas AKP Dani mewakili Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman.

Pihaknya berharap kegiatan tersebut bisa menumbuhkan kesadaran berlalu lintas bagi masyarakat dan memberi pendidikan kepada anak-anak untuk membiasakan pakai helm sejak dini.

Selain itu pihaknya juga membagikan brosur terkait informasi lalu lintas kepada semua pengguna jalan, baik dari arah selatan atau timur.

Baca Juga :  Tepis Yuni-Dedy Retak, PKS Buat Kejutan Ambil Formulir Bacawabup ke DPC PDIP Sragen di Detik-detik Akhir 

Setiap lampu menyala merah, seorang Polwan dari Satlantas memberikan himbauan dan informasi terkait Operasi Zebra Candi 2018 melalui pengeras suara.

Kegiatan sosialisasi operasi zebra, pembagian helm dan pemberian uang saku tersebut diikuti para sejumlah personel Satlantas Polres Sragen dan polisi cilik dari anak-anak Sekolah Dasar (SD) di Sragen.

Ditambahkan Kasatlantas, angka pelanggaran di Sragen masih cukup tinggi. Dalam sepekan operasi Zebra digelar saja, sudah ada 2.300 pelanggar yang dikenai sanksi tilang.

“Luar biasa, sangat signifikan angka pelanggaran di Sragen ink. Harapannya efek dari tilang, bisa menekan pelanggaran. Karena semakin banyak pelanggaran akan makin berpotensi terjadi banyak kecelakaan,” tukasnya. Wardoyo

Loading...