loading...
Loading...
Beginilah teknik mengecor pondasi embung dengan cepat ala Satgas TMMD Reguler 103 Kodim 0725/Sragen. Foto : istimewa.

SRAGEN-Pengerjaan embung dalam TMMD Reguler ke-103 kodim 0725/Sragen memasuki tahap pembuatan pondasi sektor utara, Senin (5/10/2018).

Nampak puluhan Satgas TMMD dan masyarakat bekerja bersama sama dengan semangat dan tak kenal lelah. Namun ada yang tak biasa dalam proses pengerjaan pondasi tersebut.

Di dekat sebuah mesin molen yang mengaduk campuran semen dan pasir di atas bangunan pondasi terlihat ada yang aneh. Molen tersebut ternyata diberi seng bagian bawahnya. Tujuannya apabila adukan semen dan pasir langsung dapat dituangkan ke dalam seng yang dibentuk seperti prosotan. Sehingga langsung dapat mengalirkan material adukan ke bawah.

Aliran material itu akan langsung dapat di terima di bawah dan di gunakan untuk membuat pondasi embung.

Salah satu anggota Satgas TMMD bernama Sertu Supono (40) yang juga anggota Koramil 18 Kalijambe mengatakan cara ini paling cepat untuk mengalirkan adukan semen dan pasir ke bawah.

“Diharapkan dengan cara seperti ini kita tidak perlu berjalan ke bawah membawa adukan itu dengan ember,” kata dia.

Pengerjaan embung dengan cara itu jelas dia diperkirakan akan selesai tepat pada waktunya. Hal ini adalah contoh bahwa dengan berfikir secara kreatif pengerjaan sebuah pekerjaan yang terlihat sulit dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat serta hemat energi khususnya tenaga. Aris Arianto

Loading...