JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kagumi Ponggok, Bupati Sragen Sebut Air Terjun Sambirejo dan Grujug Doyong Punya Potensi Besar 

Indahnya air terjun alami di Grujug Doyong desa Doyong, Miri, Sragen. Foto/Istimewa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Indahnya air terjun alami di Grujug Doyong desa Doyong, Miri, Sragen. Foto/Istimewa

SRAGEN- Semua desa di Kabupaten Sragen diwajibkan memiliki inovasi dalam mewujudkan desa yang maju, mandiri dan sejahtera. Penekanan tersebut disampaikan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat membuka Bursa Inovasi Desa 2018 di Gedung Sasana Manggala Sukowati, Senin (5/11/2018).

Seusai membuka acara, Bupati Yuni kepada wartawan mengaku akan menelisik satu persatu desa, yang mempunyai inovasi kemudian didorong untuk maju. Ia mencontohkan di Kecamatan Plupuh terdapat 16 desa dengan produk unggulan yang berbeda-beda, seperti sentra perkebunan jeruk bali dan produk UMKM Batik.

Kemudian di Karangmalang juga pemanfaatan sumber air yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), serta Desa Tangkil yang memploklamirkan sebagai desa online. Menurut Bupati inovasi itu tidak hanya dalam bentuk fisik, namun juga dapat diwujudkan dalam pelayanan kepada masyarakat. Bagi desa yang terus berinovasi Bupati berjanji akan terus mensupport.

Baca Juga :  Geger Perusakan Tugu Perguruan Silat di Sragen, Danrem 074 Surakarta Langsung Turun Gunung. Sebut Kalau Ada Oknum Yang Memanaskan Sragen, Siap Bantu Usut Provokatornya!

“Seperti tadi kita serahkan bantuan, bagi BUMDes yang berkembang kita beri bantuan Rp 50 juta untuk memacu BUMDes Bangkit,” ujarnya.

Dalam hal kepariwisataan, Bupati juga tak ingin wilayah Sragen ini tidak tergali potensinya. Bupati menyebut Ponggok Klaten kini menjadi desa yang maju karena pengelolaan pariwisatanya. Sebenarnya menurut bupati Yuni, di Sragen juga banyak sumber daya alam yang bagus, sayang belum tergarap, seperti air terjun Sambirejo, dan Air Terjun Kedung Grujug Doyong Kecamatan Miri. Saat ini yang mulai digarap yakni wisata selfie Boyolayar di Waduk Kedung Ombo oleh karangtaruna setempat.

Baca Juga :  Pamit Gowes Sendirian, Bocah 12 Tahun Asal Tanon Sragen Ditemukan Nyasar Hingga 35 Kilometer Sampai Mantingan Jatim

Wisata air terjun di Doyong dan Sambirejo memang sempat menjadi perbincangan karena keindahannya. Seperti Grujug Doyong di Kecamatan Miri yang dikenal memiliki eksotisme alam dan suasana natural dari air terjun yang memesona.

Begitu pula dengan air terjun Sambirejo juga banyak diperbincangkan di media sosial. Sayangnya hingga kini belum ada perhatian serius dari pemerintah setempat untuk mengangkat dan menggarapnya. Wardoyo