JOGLOSEMARNEWS.COM Umum TMMD KODIM SRAGEN

Mengenal Sosok Suroso Bayan Desa Sukorejo Sragen yang Jadi Panutan

Pak Bayan Suroso. Foto : istimewa.
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Pak Bayan Suroso. Foto : istimewa.

SRAGEN-Program TMMD Reguler ke-103 Kodim 0725/ Sragen di desa Sukorejo,Kecamatan Sambirejo, Sragen sudah beberapa waktu berjalan sejak dibuka pada 15 Oktober 2018 lalu.

Dari perhelatan tersebut muncul satu sosok yang mempunyai nama lengkap Suroso (52). Warga Dukuh Gempol RT 2 ini adalah satu dari dua Bayan di Desa Sukorejo. Bayan Suroso-lah yang lebih cepat akrap dengan TNI anggota Satgas TMMD.

Hal ini bukan tanpa sebab. Bayan Suroso diberi tugas dan wewenang langsung oleh Lurah Sukrisno untuk melayani segala kebutuhan yang berkaitan dengan program TMMD. Misalnya berkoordinasi mencarikan tempat anggota Satgas untuk menginap di rumah rumah warga setelah selesai bekerja seharian.

“Pak Suroso sangat piawai tanggap tanggon dan trengginas mempunyai greget seperti militer, gerakanya luwes, cepat set set set,” kata Serda Andrian anggota Satgas TMMD, Minggu (4/11/2018).

Bayan Suroso, ujar dia, juga membantu dalam penyiapan bahan material. Dia selalu berkeliling mengecek dan melaporkan kepada Babinsa atau Lurah apabila dalam pengerjaan jalan cor atau embung mengalami kendala. Misalnya kurang bahan atau material terlambat datang maupun persediaan air habis.

Dari tugas inilah akhirnya anggota Satgas TMMD langsung cepat akrab dengan Bayan Suroso.

“Karena setiap hari dimanapun berada pasti ketemu pak Bayan Suroso,” tandas dia.

Sementara Bayan Suroso mengaku senang bisa bertemu, bercanda ria dengan TNI anggota Satgas TMMD, tanpa merasa canggung atau takut. Dia mengharapkan pekerjaan pembuatan embung selesai sesuai target yang telah ditentukan. Aris Arianto