loading...
Loading...
Foto: Wardoyo

SRAGEN—Pembuatan sanitasi lingkungan berupa program Jambanisasi dalam  TMMD Reguler ke-103 TA 2018 Kodim 0725/Sragen sebanyak 11 Unit,  terus dilanjutkan.  Pembangunan jamban sehat  ini dilakukan guna menuju keluarga yang sehat. Dengan adanya jamban sehat ini diharapkan hantinya tidak ada lagi warga di Sukorejo yang  buang air besar sembarangan (BABS).

Program ini diperuntukkan bagi keluarga yang kurang mampu atau memang tidak memilikinya.

Danramil 08/Sambirejo Kodim 0725 Sragen , Kapten Inf Piter Kasi, saat mengecek pembuatan jamban di rumah Budi, warga dusun/desa Gempol RT 02 RW 02, mengatakan bahwa pembuatan jamban bagi keluarga prasejahtera di dusun/desa Gempol ini untuk menciptakan lingkungan permukiman yang bersih, sehat, dan higienis.

Foto: Wardooyo

Masih ada warga yang melakukan kegiatan BAB tidak sesuai dengan norma kebersihan lingkungan atau BAB sembarangan. Hingga Minggu (4/11/2018) tinggal satu jamban yang belum selesai dikerjakan.

“Harapan kami adalah setelah selesai pembuatan jamban ini, warga akan malu dengan budaya BAB sembarangan, dan pasti ke depannya akan meningkatkan derajat kesehatan mereka,” kata Kapten Inf Piter Kasi, Minggu (4/11/2018).

Selain itu, pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kualitas pekerjaan yang maksimal.  Jambanisasi merupakan salah satu sasaran program TMMD Reguler 103 Kodim Sragen yang masih terus dikebut pelaksanaannya. Sebelum mendapatkan bantuan jamban, warga terlebih dahulu didata dan dilakukan pengecekan awal oleh Babinsa bersama perangkat desa setempat sehingga tepat sasaran bagi peruntukannya.

Pembangunan jamban sehat dilakukan secara gotong-royong oleh Satgas TMMD  bersama warga.  Pembangunan sanitasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan warga yang kurang mampu untuk membuat jamban sendiri.

Kodim 0725/Sragen turut berupaya dalam mendukung program pemerintah, Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di mana sasarannya adalah warga yang tidak mampu dan tidak mempunyai jamban, sehingga kebersihan lingkungan kedepan akan lebih terjaga. Marwantoro S

Loading...