JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Unik. Operasi Zebra di Wonogiri, Petugas Malah Bagi-bagi Hadiah

Petugas memberikan hadiah kepada pengendara yang tertib.
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Petugas memberikan hadiah kepada pengendara yang tertib.

WONOGIRI-Pelaksanaan Operasi Zebra Candi di Wonogiri terlihat berbeda pada Sabtu (10/11/2018).

Perbedaan terlihat pada sejumlah hal. Misalnya pakaian, dimana sejumlah anggota kepolisian mengenakan pakaian adat dan pakaian ala pahlawan nasional dan pejuang. Selain itu petugas tidak hanya menegur atau menilang pengendara.

Petugas justru memberikan aneka hadiah berupa bingkisan kepada pengendara yang tertib aturan.

Kasat Lantas Polres Wonogiri AKP Dwi Erna Rustanti, mengatakan, Operasi Candi Unik sengaja digelar bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan. Lokasi operasi di simpang empat Ponten, tepatnya di Jl Raya Wonogiri dan Jl Pemuda 1, Kabupaten Wonogiri.

Baca Juga :  Ini Bukti Konsistensi Joko Sutopo Alias Jekek Mundur Dari Pencalonan Bupati Wonogiri Jika Pilkada Digelar Desember 2020. Pekan Ini Bakal Konsultasi ke DPP PDIP

Dalam Operasi Zebra Candi, petugas mengajak bersama pengguna jalan baik kendaraan roda empat ataupun roda dua yang berada di lokasi simpang empat Ponten untuk laksanakan hening Cipta Nasional bersamaan dengan dimulainya upacara Hari Pahlawan 10 November 2018.

“Petugas juga mengapresiasi kepada pengendara yang sudah tertib dengan cara memberikan berbagai macam hadiah,” kata dia.

Baca Juga :  Permasalahan PPDB, Anak Warga Sekitar Tak Bisa Diterima Sekolah di SMKN 1 Puhpelem Wonogiri, Anak Luar Provinsi Justru Bisa Diterima

Pemberian hadiah dari petugas dilihat dari beberapa aspek. Meliputi pengendara yang memboncengkan anak dengan memakai helm, pengendara mobil yang sudah tertib baik menggunakan sabuk pengaman atau menyalakan lampu, atau pengendara roda 2 pemakai helm yang pengaitnya sudah dikaitkan.

Selain memberikan hadiah dalam pelaksanaannya, petugas juga memberikan sanksi peringatan kepada para pengguna jalan yang telah melanggar aturan lalu lintas.
Dengan adanya rangka adanya kegiatan seperti ini diharapkan para pengguna jalan lebih tertib. Aris Arianto