loading...
Loading...
Tribunnews

Sapi yang satu ini memiliki keistimewaan ketimbang sapi yang lain. Dalam usia 7 tahun, sapi yang diberi nama Knickers ini memiliki bobot  lebih dari 1.400 kilogram, dan tinggi 194 sentimeter yang dihitung dari bahunya.

Sapi  holstein jantan dari Australia dan telah dikebiri ini bahkan mengherankan bagi  pemiliknya, mengapa sapinya bisa tumbuh demikian besar.

Seperti diwartakan The Guardian, tak seorang pun tahu mengapa Knickers tumbuh begitu besar, termasuk pemiliknya.

Dugaan sementara yang datang dari Min Du, profesor biologi pertumbuhan di Washington State University, pemicunya kemungkinan adalah hormon pertumbuhan di luar kendali.

Baca Juga :  Arkeolog Peru Berhasil Temukan Kuil Para Penyembah Air Berusia 3000 Tahun

Sebagai catatan, Min Du belum pernah bertemu dengan Knickers dan belum melakukan pemeriksaan langsung, ia hanya memperkirakan.

Kepada Live Science, Min Du berkata bahwa ada beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan Knickers memiliki tubuh raksasa.

“Alasan yang paling mungkin adalah ada beberapa jenis mutasi atau sesuatu yang terjadi pada hormon pertumbuhan atau reseptor hormon pertumbuhan,” ujar Du dilansir Rabu (28/11/2018).

Du menduga, Knickers memproduksi terlalu banyak hormon pertumbuhan pada usia dua sampai tiga tahun, sebelum ia mencapai usia dewasa.

Baca Juga :  Diomeli Guru di Depan Teman-temannya, Siswa SD Ini Melompat dari Lantai 4 Sekolahnya, Tewas!

Ukuran tubuh yang dimiliki Knickers memang tidak normal. Pasalnya, sapi perah pada umumnya tingginya hanya setengah sampai dua pertiga tinggi Knickers. Meski tinggi Knickers tidak umum, ada sapi holstein lain dengan tubuh lebih tinggi.

Ia adalah sapi steer jantan bernama Bellino, tingginya 2,02 meter dan tinggal di Italia. Menurut laporan The Guardian, bobot tubuh Bellino hampir sama dengan Knickers. #tribunnews

Loading...