JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

5 Tema Ini yang Akan jadi Bahan Debat Capres Mendatang

pilpres
Ilustrasi
ย ย ย 
ilustrasi

JAKARTA โ€“ Ekonomi akan menjadi isu penting yang dijadikan bahan debat calon presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto, 2019. Hal itu dikatakan oleh Direktur Program Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin, Aria Bima.

“Tadi semua kelihatannya sepakat persoalan ekonomi menjadi sesuatu yang sama-sama kita tempatkan jadi topik penting debat,” ujar Aria Bima usai rapat koordinasi debat capres-cawapres di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (19/12/2018).

KPU resmi menetapkan jadwal dan tema debat Pilpres 2019, Rabu (19/12/2018). Ketua KPU Arief Budiman mengatakan debat disepakati akan dilakukan lima kali mulai awal tahun depan dengan lima kelompok tema yang diperdebatkan.

Baca Juga :  Baru Sehari Putusan MK Diumumkan, Ahmad Ali Datang Malam-malam ke Rumah Prabowo. Ada Apa? Katanya Tak Mewakili Nasdem dan Surya Paloh

Tema debat pertama yakni tentang hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Kedua tentang energi pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur; dan tema ketiga tentang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan kebudayaan.

Adapun, tema debat keempat berisikan isu seputar ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional; dan tema debat kelima adalah tentang isu ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri.

Baca Juga :  Sudah 3 Kali Dapat Peringatan Keras, Giliran Ketua KPU Hasyim Asyโ€™ari Dilaporkan Atas Tindakan Asusila

Meski isu ekonomi jadi topik penting debat, Aria mengatakan tak ada tema yang paling diunggulkan oleh pasangan Jokowi-Ma’ruf dalam debat nanti. Menurut dia, Jokowi-Ma’ruf menganggap semua tema debat merupakan isi yang penting.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Priyo Budi Santoso mengatakan pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga menganggap semua tema debat menjadi isu yang penting. Dia mengatakan Prabowo dan Sandiaga siap berdebat untuk semua tema.

“Untuk tema ekonomi sendiri Pak Prabowo siap menjabarkan visi kami,” katanya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com