JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Asyik, Flyover Manahan Solo Mulai Dibuka Untuk Umum Besok Rabu

Triawati
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

 

Flyover Manahan akan dibuka untuk umum pada Rabu (19/12/2018). Triawati

SOLO– Warga Kota Solo ataupun pelintas di Kota Solo segera bisa nyicil lega, karena flyover Manahan akan dibuka untuk umum pada Rabu (19/12/2018). Hal itu mengingat ditutupnya jalur Manahan selama beberapa bulan terakhir demi kepentingan pembangunan fly over tersebut.

“Dampaknya kan ke lalu lintas di Kota Solo yang macet di beberapa titik. Kalau besok Rabu sudah mulai dibuka untuk umum ya nyicil ayem, setidaknya bisa kembali melintas Manahan tanpa harus muter,” urai salah satu pengguna jalan MT Haryono, Adit (28), warga Jebres.

Namun demikian, pembukaan jalur flyover Manahan untuk umum pada Rabu mendatang masih dalam tahap uji coba. Pada tahap uji coba awal, Dinas Perhubungan Kota Solo telah melakukan uji coba pengoperasian fly over Manahan pada Senin (17/12/2018). Uji coba awal tersebut dilakukan baik menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua dan melewati semua titik masuk serta keluar.

Baca Juga :  Kunjungi Ponpes Budi Utomo, Ketua MUI Jakarta Tekankan Pentingnya Protokol Kesehatan

Usai uji coba, terkemuka beberapa catatan yang harus dibenahi dalam pengoperasian flyover sebelum dibuka untuk umum. Salah satunya yakni pada titik pertemuan kendaraan dari jalur utara dan barat. Kendaraan yang masuk dari arah barat (Jl. Adi Sucipto) akan bertemu dengan kendaraan dari arah utara (Jl. MT Haryono) di tengah fly over. Untuk itu dibutuhkan kehati-hatian pengguna jalan agar kendaraan tidak saling bersenggolan.

“Kalau secara kemiringan, sudah landai atau tidak terlalu curam. Hanya beberapa perhatian pada titik pertemuan kendaraan dari arah utara dan barat. Untuk itu kami akan memasang satu CCTV khusus guna memantau titik tersebut untuk melihat permasalahan yang mungkin muncul. Pengguna jalan jangan memaksakan masuk bareng-bareng, harus bergantian,” urai Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Solo, Ari Wibowo.

Baca Juga :  Sempat Landai, Hari ini Warga Solo Positif Corona Bertambah 7, Total Jadi 297 Kasus

Catatan lain dari uji coba jalan layang Manahan yaitu perlunya segera penyelesaian pembuatan marka jalan, pemasangan rambu-rambu lalu lintas, serta pencahayaan. Dimana semua item itu diselesaikan sebelum Rabu (19/12/2018).

“Tadi Pak Walikota memantau langsung uji coba, Alhamdulillah lancar. Pada Rabu kami buka untuk umum,” tuturnya. Triawati PP

 

Aturan Melintas di Jalan Layang Manahan

1.Dari Jl. dr. Moewardi wajib belok kiri ke Jl. Adi Sucipto

2. Dari Jl. Adi Sucipto wajib belok kanan ke Jl. dr. Moewardi (Kottabarat)\

3. Dari Jl. MT Haryono wajib belok kiri ke Jl. dr. Moewardi (Kottabarat)