JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Bakal Ada Zona Cakar di Gembira Loka, Apa Isinya?

Tempo.co

JOGJA –  Mengawali  tahun 2019 ini, akan hadir zona cakar di Kebun Binatang Gembira Loka. Sesuai namanya,  zona ini merupakan tempat khusus bagi hewan karnivora.

“Sebenarnya zona ini sudah dirintis oleh manajemen sejak 2014 silam,”  ujar Staf Direksi Gembira Loka Agung Wibowo saat ditemui beberapa hari lalu.

Zona Cakar ini merupakan zona khusus hewan karnivora yang dirintis manajemen kebun binatang itu sejak 2014 silam.

Isi zona ini bisa ditebak, yakni puluhan macam kucing besar, dari singa, harimau, bahkan heyna. Ada pula macan dahan, macan tutul, juga macan kumbang.

“Total akan ada sekitar 30 ekor satwa karnivora di Zona Cakar itu, sebagian didatangkan dari Afrika,” ujar Staf Direksi Gembira Loka Agung Wibowo beberapa hari lalu.

Baca Juga :  Bangkitkan Ekonomi di Tengah Pandemi, Yogyakarta Andalkan Sektor Pendidikan dan Pariwisata

Agung menuturkan untuk mendatangkan satwa itu saja, manajemen Gembira Loka merogoh biaya kurang lebih Rp 1,5 miliar. Belum biaya untuk membangun zonanya.

Zona Cakar itu berada di sisi barat kebun binatang, menempati lahan seluas  sekitar 2.000 meter persegi.

Konsepnya seperti taman di sebuah pulau kecil. Daratan di tengah dikelilingi sungai mengalir.

“Tahap pembuatan zona tersebut saat ini mencapai 70 persen, targetnya Januari 2019 rampung dan diresmikan,” ujar Agung.

Agung mengakui memang sempat ada kendala saat mengurus perizinan satwa untuk mengisi Zona Cakar itu.

“Pengurusan ijin untuk mendatangkan macan sempat ada masalah karena lintas negara dari Afrika,” katanya.

Agung menuturkan, beberapa satwa pengisi zona itu sekarang sudah tiba di Indonesia. Sebelum tinggal di Kebun Binatang Gembira Loka, hewan-hewan tersebut akan melalui tahap adaptasi iklim di Indonesia.

Baca Juga :  Ultah ke-23 Tahun, BAF Salurkan Bantuan Untuk Anak Indonesia

“Satwa sebagian sudah siap, ada yang sudah di sini, ada yang belum, karena adaptasi iklim dari Afrika dan Eropa ke Indonesia,” katanya.

Tak hanya itu berita bagusnya. Sebab meski ada tambahan zona ini, tiket masuk pengunjung belum ada rencana kenaikan. Tetap diangka Rp 25- 30 ribu saat hari biasa dan saat musim liburan Rp 35 ribu per orang.

“Tak ada tambahan pembelian tiket untuk menikmati Zona Cakar, tetap berlaku satu tiket saat masuk saja dan harga tetap,” ujar Agung. #tempo.co