JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Danpaspampres Mayjen Maruli Simanjuntak Kangen-kangenan dengan Wartawan Solo di Warung Wedangan

Maruli Simanjuntak (tengah baju putih) saat berpose bersama dengan para wartawan Surakarta, di salah satu warung wedangan di Solo, Sabtu (1/12/2108). Foto : JSnews
Maruli Simanjuntak (tengah baju putih) saat berpose bersama dengan para wartawan Surakarta, di salah satu warung wedangan di Solo, Sabtu (1/12/2108). Foto : JSnews

SOLO-Komandan Paspampres, Mayjen Maruli Simanjuntak kangen-kangenan dengan para wartawan di Solo. Acara pun digelar di sebuah warung wedangan dikemas ngobrol santai dengan suasana nonformal, cair dan diselingi senda gurau, Sabtu (1/12/2018) malam.

Puluhan wartawan yang bertugas di Surakarta bergabung beramah tamah dengan Maruli. Prajurit yang sebelumnya menjabat Kasdam IV Diponegoro ini datang hanya ditemani ajudan dan sopir. Beberapa perwira di lingkungan tugas kemiliteran di Surakarta datang belakangan ikut bergabung.

Acara ngobrol santai Danpaspampres dengan wartawan “ditemani” kudapan khas wedangan seperti jadah bakar, pisang goreng, kacang godhog, tahu tempe dan menu wedangan lainnya. Tak lupa minuman jahe gepuk, teh jahe, wedang jahe kencur jeruk dan menu tradisional lainnya.

Meski di warung wedangan, acara kangen-kangenan Maruli dengan wartawan itu berlangsung penuh keakraban dan sesekali diselingi gelak tawa. Tak ketinggalan sejumlah awak media memanfaatkan untuk berfoto bersama dengan Maruli.

“Suasana seperti di Solo inilah yang sulit saya temui di daerah lain. Saya sewaktu bertugas di Surakarta banyak disupport oleh temen-temen wartawan. Maka mumpung bisa ke Solo, saya pingin kangen-kangenan ngobrol-ngobrol dengan teman-teman wartawan,” ungkap Maruli menyinggung pertemuannya dengan para wartawan di Surakarta.

Baca Juga :  Polisi Bekuk 4 Pelaku Penipuan Berkedok Lelang di Instagram, Kaesang Pangarep Nyaris Jadi Korban

Bagi Maruli, Surakarta punya kesan yang mendalam. Selain menorehkan prestasi dalam karier militernya, di Surakarta ia mengaku banyak belajar dengan masyarakatnya yang sangat majemuk.

Sosok Maruli yang rendah hati, suka bersilaturahmi dan suka mendengar membuat Maruli mudah akrab dengan berbagai komponen di Surakarta. Termasuk dengan wartawan. Sewaktu bertugas di Surakarta, dia terbiasa kumpul-kumpul dengan wartawan.

Turut bergabung malam itu beberapa relasi Maruli saat bertugas di Surakarta, di antaranya Ketua Kadin Surakarta Gareng S Haryanto. Tak terasa acara ngobrol-ngobrol malam itu berlangsung cukup lama mulai habis isyak sampai sekitar puku 22.00 WIB lebih.

Pertemuan dengan wartawan di Surakarta tersebut merupakan kali pertama sejak Maruli resmi mengemban jabatan baru sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) beberapa hari yang lalu.

Sewaktu menjabat sebagai Kasdam IV Diponegoro, wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta sempat mengagendakan untuk beramah tamah dengan Maruli ke kantornya di Kodam IV Diponegoro Semarang. Namun belum sempet terlaksana, Maruli sudah dipindahtugaskan lagi dan hanya menjabat di Kodam IV Diponegoro hanya sekitar sembilan bulan. “Sebagai prajurit, saya hanya bisa siap dan siap di manapun dan kapan pun ditugaskan,” kata Maruli.

Baca Juga :  Gibran Dapat Undian Nomor 1, Bagyo Nomor 2

Meski menduduki jabatan penting di ring 1 kepresidenan, mantan Dangrup 2 Kopasus itu tetap tak berubah penampilan dan kesederhanaannya. Ia tak mengambil jarak dengan wartawan, tetap ramah dan hangat. Misalnya tukar menukar rokok pun tetap dilakukan tanpa jarak dengan wartawan.

Usai ngobrol-ngobrol, kemudian diakhiri dengan foto bersama. Maruli selanjutnya minta ijin pamit untuk menuju ke Sragen untuk wedangan dengan komunitas Ashoco Jarang Pulang Sragen di angkringan shoping Pasar Kota Sragen.

Ia berharap, ngobrol-ngobrol dengan rekan-rekan wartawan di Surakarta terus diagendakan. “Kalau pas ada waktu ke Solo dan waktunya longgar harus kita agendakan lagi. Ngobrol-ngobrol ini juga bisa menjadi sarana diskusi dan sharing positif memecahkan persoalan bangsa,” ungkapnya. (Syahirul)