JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

DKK Sragen Terjunkan Tim Kroscek ke Puskesmas Tanon,  Oknum Dokter Galak Sampaikan Minta Maaf 

Ilustrasi

IMG 20181210 213346 1005x665
Ilustrasi

SRAGEN- Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) langsung menerjunkan tim untuk menyikapi mencuatnya keluhan warga soal oknum dokter berperangai galak di Puskesmas Tanon II. Tim juga memanggil Kepala Puskesmas yang berlokasi di Jalan Brumbung-Gemolong itu untuk diklarifikasi perihal kasus yang sempat menggemparkan publik tersebut.

“Sudah langsung kami tindaklanjuti. Pagi ini tadi dari Bagian Kepegawaian dan Sekdin sudah terjun kroscek ke Puskesmas Tanon II. Kita lakukan klarifikasi,” papar Kepala DKK Sragen, Hargiyanto didampingi Sekdin, Fanni Fandani Senin (10/12/2018) siang.

Hargiyanto menguraikan dari hasil klarifikasi dan kroscek di lapangan, persoalan keluhan warga sebenarnya bukan pada rujukan. Akan tetapi lebih pada komunikasi antara dokter yang bersangkutan dengan pasien.

Saat ditanya perihal tabiat dokter berinisial SG yang dikeluhkan sering bentak dan tak ramah kepada pasien, Hargiyanto mengatakan saat ini hasil klarifikasi baru dalam pengolahan oleh tim.

Baca Juga :  Astagfirullah, Siswi SD di Sukodono Sragen Diperkosa Tetangganya Sambil Dipaksa Nonton Video Asusila. Korban Diperkosa di Rumah Kosong, Orangtuanya Sampai Syok

Pihaknya memastikan DKK selalu berupaya untuk menangani persoalan dan mengutamakan layanan yang terbaik untuk masyarakat. Ia justru berharap kasus di Puskesmas Tanon II itu menjadi pembelajaran bagi semua pihak untuk lebih meningkatkan keramahan dan pelayanan yang lebih baik.

“Intinya komunikasi ke pasien harus dibina dengan baik. Komunikasi, keramahan dalam pelayanan harus diutamakan. Sampaikan penjelasan apapun ke pasien dengan bahasa yang halus, baik dan mudah dipahami,” tukasnya.

Soal desakan tindakan tegas dan sanksi yang diharapkan dari DPRD, Hargiyanto menyampaikan akan ada tindaklanjut. Yang jelas, pihaknya berkomitmen untuk senantiasa memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga :  2 Warga Sragen Kembali Meninggal Dunia Positif Terpapar Hari Ini. Total Kasus Naik Jadi 4.918 Positif dan 299 Warga Meninggal Dunia

Terpisah, Kepala Puskesmas Tanon II, Triyanta membenarkan sudah ada tim DKK yang hadir melakukan pengecekan ke Puskesmas, Senin (10/12/2018) pagi. Pihaknya juga dipanggil ke DKK dan menyampaikan bahwa secara prinsip tidak ada persoalan antara warga dengan institusi Puskesmas.

Dokter yang sempat dikeluhkan juga sudah meminta maaf dan menyadari kesalahannya. Dia juga berjanji akan memperbaiki sikapnya dan lebih dewasa lagi dalam melayani pasien.

Triyanta hanya menegaskan sejak awal, pihaknya sebenarnya senantiasa menekankan kepada semua jajaran pegawai untuk memberikan pelayanan terbaik dan ramah kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan ke depan semakin baik,” tandasnya. Wardoyo