JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Syarat Bagi Jalan Desa yang Ingin Dinaikkan Jadi Jalan Kabupaten di Wonogiri. Ini Pula Jumlahnya

Pengguntingan pita sebagai tanda peresmian proyek TMMD di Wonogiri.
Pengguntingan pita sebagai tanda peresmian proyek jalan di Wonogiri.

WONOGIRI-Belasan ruas jalan desa di Wonogiri ditetapkan menjadi jalan kabupaten. Secara bertahap proses pembangunannya terus dikerjakan

Informasi yang dihimpun dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri, Pemkab menetapkan 96 kilometer jalan desa naik kelas menjadi jalan kabupaten. Jumlah ruas jalan mencapai 15 ruas.

Peningkatan status jalan desa itu menyusul gebrakan Bupati Wonogiri Joko Sutopo terkait program ruas tuntas pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan sesuai Panca Program Bupati.

Kepala DPU Wonogiri, Sri Kuncoro melalui Kepala Bidang Bina Marga, Prihadi Ariyanto mengatakan semula usulan penyerahan jalan desa menjadi jalan kabupaten kepada bupati pada 2018 total mencapai 200 ruas lebih.
Namun setelah dikaji dan disurvei tim akhirnya yang diterima atau memenuhi syarat ada 96 kilometer atau 15 ruas jalan.

Baca Juga :  Catat Ya, Dana Kampanye Pilkada Wonogiri 2020 Dibatasi 40 M, Sumbangan Dari Badan Usaha dan Perorangan Juga Dibatasi, Terus Berapa Saldo Awal Dana Kampanye Josss dan Harjo?

“Bukti penerimaan usulan jalan desa menjadi jalan kabupaten dengan terbitnya surat keputusan (SK) Bupati Wonogiri,” kata dia, Kamis (27/12/2018).

Menurut dia, ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan para Kades dalam mengusulkan jalan desa untuk dijadikan jalan kabupaten kepada bupati ataupun Pemkab.
Misalnya harus terintegrasi dengan 2-3 desa lain di sekitarnya, atau tersambung dengan ruas jalan kabupaten.

Baca Juga :  Kuliner Unik, Begini Lho Cara Membuat Oseng Jambu Mete Maupun Botok Mete Khas Wonogiri, Dijamin Lezat dan Tidak Sepet, Tersedia di Warung Tesi

Selain itu harus memiliki unsur manfaat yang besar bagi masyarakat umum. Misalnya mendongkrak sektor ekonomi melalui pariwisata, industri, dan lainnya.

Sementara pelaksanaan proyek peningkatan maupun perawatan sektor bina marga tahun 2018 di Wonogiri dinilai  berjalan dengan baik. Total volume pekerjaan tahun ini ada 38 paket, terdiri dari 6 jembatan, 3 talut, dan 29 jalan.

“Dengan dana Rp 151 miliar lebih kami bisa mengerjakan jalan kabupaten sepanjang 123 kilometer lebih,” jelas dia. Aris Arianto