JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Saat Beli Kosmetik, Perhatikan Kandungan Kimia di Dalamnya

   
Ilustrasi

Secara naluri tentu wajar jika wanita senantiasa ingin tampil cantik. Karena itulah produk-produk kecantikan menjadi andalan bagi kaum wanita untuk tampil cantik.

Namun demikian, saat membeli produk kecantikan, ada baiknya kita memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Pasalnya,  ada banyak bahan kimia di dalamnya yang bila digunakan dapat menimbulkan efek pada kesehatan kulit. Berikut beberapa di antaranya:

1. Formaldehida

Karsinogen lain yang ditemukan dalam produk kuku, sampo, sampo bayi, dan sabun tubuh. Bahan ini dapat menyebabkan iritasi kulit, kanker, mengganggu pertumbuhan, menghambat perkembangan otak, dan menyebabkan asma pada anak-anak.

2. Merkuri
Merkuri biasanya terdapat dalam losion yang ringan untuk kulit karena sangat mudah terserap.

3. Sodium lauryl sulfate
Bahan ini sering ditemukan dalam sabun, sabun untuk tubuh, sampo, pasta gigi, dan masih banyak lagi. Bahan karsinogenik ini memiliki kemampuan untuk merusak sistem saraf.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

4. Tar batu bara

Tar arang batubara biasanya dikenal dengan nama kimia aminopfenol, diaminobenzena, dan phenylenediamine, diidentifikasi sebagai karsinogen yang biasa ditemukan dalam pewarna rambut dan sampo untuk ketombe. Beberapa negara telah melarang pemakaian bahan ini.

5. Hydroquinone
Kulit putih adalah dambaan setiap orang. Banyak industri produk perawatan kulit yang menggunakan bahan hydroquinone. Bahan pencerah kulit ini dapat memiliki efek samping yang serius. Ketika hydroquinone diuji pada hewan, ditemukan dapat menyebabkan tumor.

6. Minyak mineral
Mineral dan minyak mungkin terdengar baik, faktanya justru sebaliknya. Biasanya banyak digunakan dalam minyak bayi dan pelembab dan ketika digunakan membentuk lapisan sangat tipis pada kulit dan mengganggu kemampuan kulit untuk melepaskan racun.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

7. Paraben
Bahan ini dapat menyebabkan kanker, toksisitas reproduksi dan gangguan endokrin.

8. Triklosan
Bahan ini dapat menimbulkan gangguan pada endokrin, berbahaya bagi hormon reproduksi, dan tiroid, biasanya ditemukan pada pembersih kulit, pasta gigi, dan deodoran.

9. Phthalates
Phtalates dapat menggangu testosteron pria dan menyebabkan kerusakan pada sistem reproduksi. Selain itu, dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

10. Oxybenzone
Bahan kimia ini digunakan dalam tabir surya untuk menghalangi sinar UV. Walaupun dipakai pada bagian kulit luar tapi bisa menimbulkan iritasi kulit, ketidakseimbangan hormon, berat badan lahir rendah, dan sel yang rusak. #tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com