JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kemeriahan Baksos Kagama di Kepatihan Wonogiri, Dari Pengobatan Gratis Hingga Pemberian Makanan Tambahan

Antusiasme warga memanfaatkan pengobatan gratis yang dihelat Kagama Wonogiri. Dok. Kagama Wonogiri.
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Antusiasme warga memanfaatkan pengobatan gratis yang dihelat Kagama Wonogiri. Dok. Kagama Wonogiri.

WONOGIRI-Kembali Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Wonogiri, menggelar bakti sosial di Kota Sukses. Kali ini berlokasi di Gedung Seba Guna Desa Kepatihan Kecamatan Selogiri Wonogiri, Sabtu (8/12/2018).

Bakti sosial meliputi pengobatan gratis, rekam dan cetak KTP-el dan KIA, pemberian bibit tanaman buah, hingga pemberian makanan tambahan bagi balita gizi kurang. Sejumlah kegiatan itu menjadi fokus agenda yang dilaksanakan untuk memeriahkan Dies Natalis UGM ke-69.
Bakti Sosial semakin meriah dengan kehadiran Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Wonogiri Bambang Sadriyanto, dan Ibu Verawaty Joko Sutopo serta Casytha A. Kathmandu yang juga Anggota Kagama.

Ketua Pengurus Cabang Kagama Wonogiri Sri Wiyoso, menerangkan, kegiatan Kagama senantiasa menjadi wujud bakti bagi masyarakat. Sebelumnya menggelar UGM Menginspirasi (1/12/2018), maka Bakti Sosial kali ini lebih diwujudkan sebagai langkah menyentuh langsung kebutuhan masyarakat.

Jika pengobatan gratis untuk mendukung Panca Program Bupati Wonogiri Sehat Rakyate, maka pemberian bibit tanaman buah dan turus jalan untuk mendukung program Desa Kepatihan dalam membangun Kawasan Sentra Buah.

Baca Juga :  Update COVID-19, Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif Corona di Wonogiri Bertambah Menjadi 121

“Kagama selalu berupaya memberikan dukungan pada program pemerintahan, termasuk Panca Program Bupati Wonogiri. Begitu pula dengan Program Desa Kepatihan untuk membangun Kawasan Sentra Buah. Kagama menyampaikan bantuan bibit tanaman buah sebanyak 900 batang, yang terdiri dari, Jambu kristal 200 batang, Alpukat 200 batang, Jeruk Maleo 200 batang, Sawo Manila 200 batang, dan pohon turus jalan ketapang kencana 100 batang. Bantuan kami serahkan kepada pihak Desa Kepatihan, untuk dapat segera ditanam,” jelas dia.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan Kagama Kabupaten Wonogiri. Dia juga memberikan tantangan agar kegiatan ini dijadikan agenda tahunan.

“Saya berharap bahwa kegiatan Bakti Sosial semacam ini juga dilaksanakan oleh Kagama Kabupaten Wonogiri di wilayah lain. Saya yakin itu akan terwujud, karena sumber daya manusia Kagama telah duduk pada berbagai jabatan, baik di pemerintahan, usaha, maupun pada jabatan politis,” kata Bupati Wonogiri yang akrab disapa Mas Jekek.

Baca Juga :  Satelit Alias Nangka Goreng Ternyata Dibikin Tesi di Warungnya, Dijamin Bikin Ketagihan

Sebelum meninggalkan lokasi Bakti Sosial, Bupati Wonogiri menyempatkan menanam pohon kenangan di sekitar Gedung Serba Guna Desa Kepatihan. Penanaman pohon kenangan juga dilakukan oleh Verawaty Joko Sutopo, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Wonogiri Bambang Sadriyanto, Casytha A. Kathmandu, Camat Selogiri Sigit Purwanto, dan Ketua Pengcab Kagama Wonogiri Sri Wiyoso.

Data terakhir kegiatan Bakti Sosial Kagama Wonogiri di Desa Kepatihan Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri, pengobatan gratis diikuti 315 peserta, 277 diantaranya mendapatkan penanganan medis lengkap, KTP-elektronik diterbitkan sebanyak 23 buah, Kartu Identitas Anak (KIA) 163 buah, dan empat anak penderita Gizi Kurang mendapat bantuan makanan tambahan dari Kagama Wonogiri. Aris Arianto