JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Korem 074/Warastratama Gelar Diklat Kebangsaan Guru dan Karyawan SMKN 2 Solo

Istimewa
Istimewa

SOLO– Korem 074/Warastratama menggelar diklat kebangsaan untuk guru dan karyawan SMKN 2 Surakarta, Jumat (28/12/2018), di Makorem 074/Warastratama. Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan dan menambah wawasan kebangsaan bagi guru dan karyawan SMKN 2 Surakarta.

Dalam sambutannya, Komandan Korem 074/Warastratama Brigjen TNI Widi Prasetijono yang dibacakan Kasi Pers Rem 074/Warastratama Letkol Inf Eko Juniarto menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Diklat  ini adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme, jiwa korsa dan cinta tanah air para tenaga pendidik yang dapat ditularkan kepada anak didiknya.

“Upaya ini penting diberikan kepada tenaga pendidik karena saat ini banyak generasi muda yang cenderung mengikuti budaya luar yang keluar dari norma dan adat istiadat bangsa sehingga peran tenaga pendidik juga menjadi perhatian. Maraknya kasus narkoba, korupsi, kekerasan dan anarkhisme serta berbagai kasus lain menjadi cermin dari lemahnya nilai-nilai kebangsaan di Negara Indonesia. Oleh karena itu diperlukan upaya yang ampuh untuk membangkitkan semangat nasionalisme melalui keteladanan, pendidikan dan komunikasi,” paparnya.

Baca Juga :  Belum Bisa Direm, Total Positif Covid-19 Solo Jadi 609 Kasus

Melalui kegiatan Diklat tersebut diharapkan tenaga pendidik selaku fasilitator mampu memberikan pemahaman tentang kebangsaan kepada siswanya melalui pendidikan di sekolah sehingga dapat terbentuk jiwa anak didik yang bangga bertanah air Indonesia dan mampu berkarya untuk bangsa.

“Danrem  mengajak kepada para peserta Diklat, untuk bersama-sama membentengi siswa didik dari ancaman berbagai paham atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila. Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk melakukan proses pembelajaran yang melahirkan siswa didik yang saling menghargai, saling menolong dan memiliki budi pekerti yang luhur. Mengajak orang tua dan tokoh masyarakat untuk aktif melakukan pengawasan terhadap anak agar tidak terkena pengaruh buruk paham atau ideologi intoleransi, radikalisme dan terorisme,” imbuhnya Danrem dalam sambutan.

Baca Juga :  Beredar Kabar Gerakan Hitamkan Solo,  Ketua PSHT Solo: Kami Imbau Sedulur Agar Tidak Turun ke Jalan dan Warga PSHT di luar Solo Tak Perlu Datang ke Solo

Guna meningkatkan rasa kebersamaan dan kompetensi yang diperlukan, peserta Diklat diberikan materi PBB, Kepemimpinan, Wawasan Kebangsaan, Etika, Loyalitas dan estetika serta kesamaptaan. Pembicara atau fasilitator kegiatan ini berasal dari Korem 074/Warastratama. Diklat kebangsaan diselenggarakan kerjasama antara Korem 074/Warastratama dengan SMKN 2 Surakarta, kegiatan tersebut diikuti 250 peserta yang merupakan guru dan Karyawan SMKN 2 Surakarta. Triawati PP