JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pemkab Sragen Bangun 2 Masjid Rp Senilai 1 Miliar di Lombok Utara Yang Luluhlantak Disapu Gempa. Didanai APBD 2018, Ada Tugu Gadingnya.. 

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Wabup serta jajaraj OPD saat berpose bersama warga usai peresmian masjid di Gumantar, Kayangan, Lombok Utara, Minggu (2/12/2018). Foto/Humas Kab
Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Wabup serta jajaraj OPD saat berpose bersama warga usai peresmian masjid di Gumantar, Kayangan, Lombok Utara, Minggu (2/12/2018). Foto/Humas Kab

SRAGEN – Pemkab Sragen membangun dua masjid di Lombok Utara, tepatnya di Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Nusa Tenggara Barat. Menariknya, masjid itu dibangun dengan dana APBD Sragen 2018 sebesar Rp 1 miliar.

Masjid megah itu diresmikan langsung oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Wabup Dedy Endriyatno bersama jajaran OPD yang berkunjung ke Lombok, Minggu (2/12/2018).

Peresmian dihadiri Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar. Kabag Humas Pemkah Sragen, Yuniarti mengungkapkan masjid megah itu didirikan di Dusun Nangka Lombok dan Dusun Tenggorong, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan,  Kabupaten Lombok Utara.

Masjid itu dinamai Nurul Hidayah dan Roudhatul Firdaus. Kedua masjid tersebut merupakan bantuan yang terkumpul dari Sragen Peduli Bencana beberapa waktu lalu.

Turut hadir dalam peresmian ini, Sekda Sragen Drs. Tatag Prabawanto, para Asisten, beberapa Kepala OPD Sragen, Camat Kayangan, Kepala Desa, Tetua adat dan tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga :  Berikut Daftar Para Pemenang Lomba Desain Masker dan Cipta Jingle Yuni-Suroto. Pemenang Desain Masker Bakal Dicetak Untuk Dibagi ke Masyarakat!

Yuniarti mengungkapkan dalam sambutannya Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan bahwa dalam kunjungan tersebut selain meresmikan Masjid, Pemkab Sragen juga menyerahkan bantuan berupa dana yang diserahkan ke Desa Selengan dan Desa Dangiang, Kecamatan Gumantar, Lombok Utara total 300 juta rupiah dari masyarakat Sragen.

“Kedatangan kami kesini selain meresmikan masjid yang kita bangun, kami juga datang membawa bantuan yang akan kami berikan kepada Desa Dangiang dan Desa Selengan. Alhamdulillah juga, pengusaha di Sragen luar biasa dan sedikit dari apa yang kami tinggalkan semoga bermanfaat dan bisa menjadi perekat tali silaturahmi diantara kita”, jelas Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan adanya patung gading gajah di pintu masuk pada halaman dua masjid tersebut yakni agar ciri khas Kabupaten Sragen dikenal masyarakat setempat.

“Dan pasti ada yang bertanya, kenapa gerbang masuk masjid ada patung seperti gading, memang sengaja kita bangun seperti itu agar ada ciri khas dari Kabupaten Sragen yaitu tugu Gading Gajah bisa dikenal masyarakat yang berkunjung ke masjid ini.” jelas Bupati.

Baca Juga :  Emak-Emak Pedagang Pisang di Pasar Gemolong asal Gawan Tanon Positif Terpapar Covid-19. Tertular dari Siswi SMA Depan Rumahnya, Dijemput Pakai Ambulans Puskesmas

Bupati berharap agar bantuan dari masyarakat Kabupaten Sragen bisa bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai sarana silaturahmi antara Kab. Sragen dengan Kab. Lombok Utara.

“Inilah saatnya kita berbagi dan warga Sragen adalah warga yang mudah sekali dimintai pertolongan apabila ada daerah lain atau siapapun yang membutuhkan pertolongan” terang Bupati.

Usai melakukan peresmian, rombongan Bupati dibagi menjadi 2 tim untuk meninjau bantuan dari masyarakat Sragen, tim satu meninjau pipanisasi air bersih sekaligus meninjau Huntara (hunian sementara), selanjutnya untuk tim ke-dua melakukan penyaluran bantuan pembangunan masjid dan huntara ke Desa Selengan dan Desa Dangiang.

“Semoga ini bermanfaat bagi seluruh warga disini terutama untuk sarana beribadah dan tentunya untuk sarana silaturahmi antar warga”, imbuh Bupati. Wardoyo