JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Petani Sukoharjo Diminta Lakukan Percepatan Tanam, Ini Alasannya

Pertemuan gapoktan Kecamatan Polokarto, Sukoharjo
Pertemuan gapoktan Kecamatan Polokarto, Sukoharjo

SUKOHARJO-Petani wilayah Sukoharjo, khususnya Kecamatan Polokarto diminta melakukan percepatan tanam. Menyusul musim hujan yang diprediksi pendek.

Hal tersebut mengemuka dalam pertemuan koordinasi upaya khusus padi jagung kedelai (Upsus Pajale) tingkat Kecamatan Polokarto 2018. Kegiatan digelar di Kantor Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Polokarto, belum lama ini.

Koordinator PPL Kecamatan Polokarto Parjono menerangkan telah ada info dari BMKG. Yakni terkait musim hujan sekarang ini akan lebih pendek. Sehingga pihaknya mengimbau seluruh ketua gabungan kelompok tani (Gapoktan) agar menyampaikan kepada para petani agar segera melaksanakan percepatan tanam.

Baca Juga :  Ini Lho Lur Paslon Pilkada Sukoharjo 2020, Ada Joko Santosa-Wiwaha Aji Santosa Alias Joswi dan Etik Suryani-Agus Santosa Atau EA

“Tujuannya nantinya tidak kesulitan pengairan,” kata dia, Selasa (4/12/2018).

Sementara itu Pelda Agus Supriyanto dari Koramil Polokarto berujar sampai saat ini MoU atau kerjasama dinas pertanian dengan TNI AD tetap berjalan. Kerjasama bertujuan mewujudkan swasembada pangan.

Baca Juga :  Bikin Deg-degan, Hasil Pengundian Akhirnya Paslon EA Memperoleh Nomor Urut 1 Sedangkan Joswi Dapatkan Nomor Urut 2, Resmi Terpasang di APK 26 September Mulai Kampanye

Di sisi lain, saat ini bantuan alsintan dari pemerintah sudah banyak sekali dan keberadaannya memang sangat membantu petani.

“Apabila ada gapoktan ataupun poktan yang akan melaksanakan kegiatan seperti gropyokan tikus atau penyemprotan massal kami siap membantu dan mendampingi kegiatan tersebut,” sebut dia. Aris Arianto