JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Sediakan Lahan Hijau dan Resapan Air Tanah, Ini yang Dilakukan TNI di Sukoharjo

Penanaman bibit pohon di kawasan Batu Seribu Sukoharjo.
Penanaman bibit pohon di kawasan Batu Seribu Sukoharjo.

SUKOHARJO-Keluarga besar Kodim 0726 Sukoharjo menggelar penanaman bibit pohon di sedikitnya tiga lokasi berbeda.

Rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (11/12/2018), penanaman bibit pohon dilakukan mengingat adanya sejumlah fakta terkait lingkungan hidup. Yakni
adanya alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian semakin merebak, penebangan hutan tak terkendali, demikian pula dengan alih fungsi pekarangan menjadi perumahan.

Semua hal itu turut mengurangi lahan hijau dan resapan air tanah yang mengakibatkan tidak seimbangnya ekosistem. Akhirnya, upaya pelestarian lingkungan dilakukan dengan cara menggalakkan kegiatan menanam pohon atau penghijauan kembali (reboisasi) terhadap tanah yang semula gundul.

Baca Juga :  Ini Lho Lur Paslon Pilkada Sukoharjo 2020, Ada Joko Santosa-Wiwaha Aji Santosa Alias Joswi dan Etik Suryani-Agus Santosa Atau EA

Sebagaimana dilakukan anggota Koramil 03 Bulu dipimpin Danramil 03 Bulu Kapten Cba Tri Rusman beserta 15 orang masyarakat, Pramuka SWK 20 orang melaksanakan penanaman pohon dalam rangka Hari Juang Kartika ke 73 tahun 2018. Lokasi di Bumi Perkemahan Batu Seribu Desa Gentan Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo.

Kegiatan dilaksanakan dengan menanam bibit pohon jenis buah yaitu Jambu Mete 50 pohon dan Sirsak sejumlah 50 pohon. Tujuan kegiatan itu menanamkan pula kepada generasi muda akan pentingnya menjaga lingkungan dan keseimbangan ekosistem. Juga bermafaat memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai dampak penebangan hutan.

Baca Juga :  Kasus Positif COVID-19 di Sukoharjo Kini Bertambah 11 Menjadi 589, Pasien Meninggal Tidak Bertambah

Sementara di Dukuh Winong Desa Kragilan Kecamatan Mojolaban, 12 orang anggota Koramil 10 Mojolaban bersama para warga sejumlah 13 orang melaksanakan kegiatan penghijauan di lahan tanah milik Suparno dengan luas sekitar 1200 meter persegi. Mereka menanam bibit Sengon 100 batang dan bibit Mahoni 10 batang.

Sedangkan anggota Koramil 01 Sukoharjo bersama masyarakat melaksanakan penghijauan penanaman pohon dalam rangka Hari Juang Kartika Tahun 2018 di Kampung Bagusan RT 4 RW 2 Sukoharjo. Adapun pohon yang ditanam adalah pohon Mahoni 50 pohon dan Sirsak 50 pohon. Aris Arianto