loading...
Loading...
Kadisdikbud Wonogiri, Siswanto.

WONOGIRI-Sosok yang satu ini sering menjadi jujugan bagi para awak media yang bertugas di wilayah Kabupaten Wonogiri. Terutama saat mencari kabar seputar dunia pendidikan. Ya, dialah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Wonogiri, Siswanto, atau lebih akrab dipanggil Pak Sis.

Pembawaannya kalem dan tutur kata lembut. Pun sangat akrab dengan para awak media. Bahkan kepada awak media, Pak Sis acapkali menyampaikan curahan hati (curhat) soal dunia pendidikan di Kota Sukses Wonogiri.

“Saya ingin pendidikan di Wonogiri ini maju,“ demikian curhat Pak Sis, belum lama ini
Ada tekat kuat pada sosok berusia lebih dari setengah abad ini. Dimana keinginan tersebut harus bisa terwujud. Pendidikan di Wonogiri harus bisa semakin maju. Jikapun belum tercapai saat dirinya telah tidak lagi menjabat Kadisdikbud, paling tidak sudah ada upaya yang ditempuhnya. Siharapkan siapapun yang menjadi pemegang tampuk pimpinan tertinggi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, bisa meneruskannya.

Baca Juga :  Akhirnya Terpasang, 3 EWS Longsor di Lokasi Rawan Bencana di Wonogiri

Bagi Pak Sis, kemajuan pendidikan suatu daerah, pada hakikatnya tidak hanya ditentukan oleh sekolah atau pemerintah. Melainkan harus ada kerjasama yang sinergis antara elemen-elemen lain. Ada sejumlah elemen yang semestinya tetap tergabung dalam jalinan kerjasama itu. Diantaranya, keluarga, masyarakat termasuk dunia usaha.

Baca Juga :  Pencurian di SDN 1 Lebak Pracimantoro, si Tangan Panjang Acak acak Meja dan Bawa Kabur Barang Elektronik

“Sekolah atau pemerintah tidak mungkin bisa bekerja secara sendirian. Terlebih bagi sekolah yang hanya beberapa jam memberikan pembelajaran kepada peserta didik,“ tandas Pak Sis.

Perlu peran aktif di antara sejumlah elemen itu. Diterangkannya, keluarga yang secara prinsip meletakkan pendidikan paling dasar bagi anak, mesti terus melakukan pengawasan, pembinaan, dan sekaligus pendidikan pula. Tidak boleh membiarkan begitu saja, gara-gara merasa sudah menyerahkan pendidikan kepada sekolah.

Peran selanjutnya juga penting diaktifkan pada lingkungan di masyarakat di sekitar anak didik tinggal. Sebagaimana diketahui, lanjut Pak Sis, lingkungan memberikan pengaruh yang besar bagi proses perkembangan anak, khususnya perkembangan dari sisi moral. Sehingga, diharapkan lingkungan sekitar memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan bagi anak didik.

Baca Juga :  Gara gara Bakar Sisa Pakan Ternak, Terjadi Kebakaran di Ngleses Mangunharjo Jatipurno, 1 Kandang Ludes

“Dunia usaha juga tak kalah pentingnya dalam ikut mewujudkan kemajuan pendidikan,” sebut dia.

Hanya saja, dirinya menyadari, perbaikan di sisi sekolah urgent pula sifatnya. Tak hanya dari ranah pembangunan fisik. Lebih penting lagi adalah penyiapan moral yang baik bagi guru serta siswa saat di sekolah. Aris Arianto

Loading...