JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tanpa Pemberitahuan, 45 Personil TNI AD di Wonogiri Jalani Tes Urin

Pelaksanaan tes urin di Kodim 0728 Wonogiri
Pelaksanaan tes urin di Kodim 0728 Wonogiri

WONOGIRI-Personil TNI AD Kodim 0728/Wonogiri dan jajarannya melakukan tes urin triwulan IV tahun 2018 yang dibantu anggota dari Poliklinik Pratama-28 Wonogiri, Senin (17/12/2018).

Secara acak 45 orang anggota Kodim 0728/Wonogiri mengikuti tes dimulai pada pukul 08.00 WIB oleh anggota Staf Intel yang juga diikuti oleh Kasdim Mayor Inf Nurul Muthahar.

Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh melalui Pasi Intel Lettu Inf Mulyono mengatakan, tes urine merupakan bagian dari program Kodim 0728/Wonogiri dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Baca Juga :  Geger Penampakan Ular Sanca Raksasa di Dusun Tukluk Desa Kerjo Lor Kecamatan Ngadirojo Wonogiri, Masuk Rumah Warga Akhirnya Sukses Dievakuasi Personil Damkar Wonogiri

“Tes urine ini dilakukan secara mendadak terhadap seluruh anggota Makodim dan jajarannya, bertujuan untuk mengetahui kemungkinan adanya anggota yang terlibat narkoba,” ujar dia.

Selain itu, kegiatan ini merupakan upaya deteksi dini dan bentuk preventif atau pencegahan terutama penyalahgunaan narkotika di Kodim 0728/Wonogiri. Dia menambahkan, pelaksanaan tes urine tersebut merupakan upaya internal Kodim dalam mencegah dan memberantas narkoba di tubuh TNI, yang akan dilakukan secara periodik dan bergilir bagi semua prajurit dan PNS.

Baca Juga :  Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Wonogiri 2020, Apa Saja Persiapan Tim Joko Sutopo-Setyo Sukarno Alias Josss dan Hartanto-Joko Purnomo Atau Harjo?

Tujuan lain dilaksanakan tes urine salah satunya mewujudkan profesionalitas TNI yang bebas narkoba. Bagi personil Kodim 0728/Wonogiri yang terbukti menggunakan narkoba dalam tes urine tersebut akan ddiproses sesuai hukum di lingkungan TNI AD. Aris Arianto