JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Waktu Tempuh Surabaya – Malang Hanya 50 Menit Lewat Jalan Tol Ini

Tempo.co

JAKARTA – Bagi Anda yang menempuh perjalanan Surabaya – Malang atau sebaliknya, sekarang tak butuh waktu lama hingga berjam-jam.

Cukup 50 menit, perjalanan itu ditempuh melalui jalan tol Pandaan – Malang.  Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo menyatakan, jalan tol tersebut bisa menjadi solusi terbaru bagi pengguna jalan arteri Surabaya-Malang atau sebaliknya.

Setelah difungsikan, jalan tol Pandaan-Malang saat ini terbukti dapat mempersingkat waktu tempuh Surabaya menuju Malang.

“Surabaya ke Malang  menjadi 50 menit, dibandingkan melewati jalan arteri atau non tol,” kata Agus, Selasa (25/12/2018).

Sebagai perbandingan, melalui jalan non tol  terpantau waktu tempuh Surabaya-Malang pada hari kerja membutuhkan  waktu 1,5 jam dan saat akhir pekan mencapai 3-4 jam.

Baca Juga :  Gadis Belia di Palembang ini Dituding Jadi Pelakor, Dikeroyok 4 Orang hingga Disilet

Berfungsinya Jalan Tol Pandaan-Malang sebagai jalur fungsional selama libur Natal dan Tahun Baru ini, menurut Agus, bakal memudahkan masyarakat untuk bersilahturahmi dengan keluarga atau sekedar menikmati destinasi wisata di Malang.

PT JPM juga menyediakan layanan tempat istirahat di STA 27 berupa fasilitas mushola, toilet dan bekerjasama dengan Pertamina menyediakan BBM dalam bentuk kemasan di jalur fungsional ini.

Untuk melewati jalur fungsional ini, PT JPM mengimbau pengguna jalan untuk selalu waspada dan berhati-hati karena kondisi jalan yang kelengkapan penunjang masih terbatas. Selain itu, pengguna jalan diminta mematuhi arahan petugas di lapangan serta rambu yang berlaku, termasuk batas maksimal kecepatan kendaraan yang diperbolehkan.

Baca Juga :  Mahfud MD: Nonton Film G30S/PKI Boleh, yang Dilarang Nobarnya

Hal lain yang tak boleh luput dari perhatian adalah memastikan kondisi tubuh dan kendaraan dalam keadaan prima serta mengisi penuh BBM sebelum memulai perjalanan.

PT JPM mulai mengoperasikan jalan tol Pandaan-Malang sejak 21 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019 mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Untuk mendukung kelancaran arus mudik balik libur akhir tahun, PT JPM telah memberlakukan fungsional jalan tTol Pandaan-Malang mulai dari Seksi I-III (Pandaan-Karanglo) sepanjang 30 kilometer.  #tempo.co