JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Wouw, Mie Ayam Ini Berkuah Air Kelapa Muda!

ilustrasi/tribunnews

BANTUL– Sesuatu yang unik, biasanya mengundang orang untuk bertanya. Dalam bisnis kuliner, keunikan bisa menjadi salah satu daya tarik bagi pembeli.

Nah, di Kabupaten Bantul, ada mie ayam yang cukup unik karena mangkuknya terbuat dari batok kelapa muda. Kuliner unik itu berada di Pasar Kuliner Imogiri, Bantul.

Uniknya, mie ayam ini dilengkapi dengan kuah dan daging kepala muda. Bagaimana rasanya? Kuah dari mie ayam terasa segar, bercita rasa gurih, namun ada sedikit perbedaan yaitu lebih terasa manis.

Boleh jadi karena masih terdapat daging kelapa muda. Kalau lidah Anda terasa aneh, justru di situlah letak sensasinya. Apalagi tekstur daging kelapa kuda yang lembut, dipadukan dengan kuah yang pedas gurih, cukup menggoda selera.

Baca Juga :  Satu Mahasiswa Positif Covid-19, Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Hentikan Aktivitas dan Tutup Satu Fakultas

Penjual mie ayam batok kelapa, Slamet mengatakan, dirinya sengaja memadukan antara mie ayam dengan kelapa muda. Alasannya sederhana, karena ingin tampil beda.

Menurutnya kedai mie ayam di daerah Bantul sudah sangat banyak. Sebab itu, mie ayam di kedainya berbeda dari yang lain dengan disajikan di dalam batok kelapa muda.

“Kuahnya kita memakai langsung dari air kelapa muda yang dimasak. Sehingga lebih sehat dan cita rasanya tetap gurih,” kata Slamet, Sabtu (01/12/2018).

Slamet sendiri merupakan seorang penjaga kedai. Ia mengaku menjalankan usaha milik kakaknya, Santi Wahyuni. Menu mie ayam batok kelapa di kedai kakaknya itu, menurut Slamet terbilang anyar dan masih belum banyak yang kenal.

Baca Juga :  Kampus yang Belum Siap Dilarang Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Karena baru mulai berjualan sekitar dua pekan yang lalu.

“Mie ayam batok kelapa ini dari hasil resep sendiri,” jelasnya.

Tampilan mie ayam batok kelapa ini sebenarnya sama seperti mie ayam pada umumnya. Dalam setiap porsinya terdapat toping, berupa bawang goreng, irisan mentimun dan tentu saja daging ayam cincang.

Satu porsi Mie ayam batok kelapa dijual dengan harga relatif terjangkau. Hanya Rp 15 ribu tiap porsi. Bisa juga ditambahkan dengan toping bakso. Harganya menjadi Rp 20 ribu per porsi.

www.tribunnews.com