loading...
Loading...

SOLO – Untuk membiasakan anak gemar membaca, KB/TK Kristen Widya Wacana Pasar Legi memiliki tradisi membaca buku dongeng sebelum masuk kelas dan menerima pelajaran. Tradisi tersebut dilakukan anak-anak setiap pagi.

Bagi anak yang sudah mampu membaca, mereka akan membaca buku dengan antusias. Namun yang belum bisa membaca, mereka meminta orang tua atau guru untuk membacakannya.

Saking asyiknya mereka membaca dan melihat gambarnya, anak sering kali berimajinasi membuat cerita sesuai dengan gambar dan kreativitas mereka dalam merangkai kata.

Baca Juga :  Dies Natalis ke-19, STIE Wijaya Mulya Gelar Baksos Kesehatan

Kepala Sekolah KB/TK Widya Wacana, Dra Fida Nugroho mengatakan, dengan mengenalkan buku sejak dini kepada anak, dia berharap mampu menambah pengetahuan dalam kosa kata dan mampu merangsang imajinasi anak.

“Memperkenalkan literasi sejak dini kepada anak juga membantu mereka membangun komunikasi dan menambah wawasan baru.  Karakter pribadi dan sosial anak juga akan terbangun dengan sendirinya,” lanjutnya.

Dijelaskan, dalam kegiatan itu, anak dibebaskan membaca buku apa saja yang tersedia di aula sekolah. Ada yang membaca dengan bermain di ayunan. Ada yang sambil duduk selonjor dan lainya senyaman yang mereka inginkan.

Baca Juga :  Rebut Juara Umum III di Yogyakarta, Tapak Suci SD Muhammadiyah  1 ketelan Solo Siap Ikuti UNS Open

“Kebiasaan membaca seperti ini akan melahirkan generasi yang cerdas dan berwawasan luas,” ujar guru kelompok bermain, Kristijorini.

Dia mengatakan, kebiasaan membaca juga bisa membuat anak siap menghadapi tantangan zaman. Anak juga bisa termotivasi akan buku yang mereka baca, di samping karakter anak akan terbentuk melalui bacaan yang mereka baca. A.Setiawan

Baca Juga :  STIE Wijaya Mulya Gelar Jalan Sehat di CFD

Loading...