JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Awas, Indonesia Jadi Sasaran Pasar Kokain Asal Amerika Selatan!

kokain narkoba
Ilustrasi
   

JAKARTA– Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi incaran bandar Narkoba asal Amerika Selatan untuk memasarkan  kokain.

“Ada bebarapa jaringan internasional kokain yang telah masuk ke Indonesia. Negara ini memang telah menjadi market jaringan internasional,” kata Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Arman Depari, Jumat (18/1/2019).

Arman mengatakan, selain Indonesia, secara umum negara-negara di Asia saat ini memang menjadi target pasar terbesar kokain, terutama yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga :  Pakar Sebut MK Tak Akan Berani Diskualifikasi Gibran, Ini Sebabnya

Ia mengatakan, Asia menjadi target pasar terbesar setelah Amerika mengadakan operasi besar-besaran memperketat peredaran dan menumpas para bandar narkoba di negari Abang Sam tersebut.

Alhasil, negara-negara pemasok kokain yang mayoritas berasal dari Amerika Selatan mencari pasar baru.

BNN, kata dia, telah mengawasi penyelundupan kokain ke Indonesia sejak 2014. Sebab, sejak lima tahun lalu diperkirakan narkoba dari ekstrak daun Koka itu mulai banyak diselundupkan ke Indonesia seiring peningkatan produksi di negara penghasilnya.

“Kokain yang banyak masuk di Indonesia berasal dari Kolombia dan Peru,” ujarnya.

Baca Juga :  Denny Indrayana: MK Sulit Keluar dari Kerangkeng Putusan 90

Menurut Arman, sindikat internasional pengedar kokain yang berasal dari Kolombia termasuk yang sangat miilitan. Sindikat mereka bakal berusaha dengan segala cara untuk memasukan kokain ke negara yang menjadi pasarnya.

Bahkan, sindikat asal Kolombia terkenal sadis dan tak segan membunuh pihak yang menghalanginya.

“Saat saya masih bertugas di Polda, saya pernah menangkap jaringan mereka menyelundupkan puluhan kilogram kokain ke Bali,” ucapnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com