JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Bak Mandi dan Penampungan Banyak Jentik Nyamuk. Ditemukan Saat Tim Memantau Desa Karangasem Sukoharjo

Ilustrasi nyamuk. pexels

SUKOHARJO-Tim pemantau jentik nyamuk Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Sukoharjo melaksanakan pemantauan jentik nyamuk di wilayah setempat. Hasilnya, banyak bak mandi yang ditemukan dipenuhi jentik nyamuk.

Tim terdiri dari bidan Desa Karangasem Hariyati, Serma Darmin Babinsa Karangasem, Aiptu Abdi Babinkamtibmas Karangasem, dan PKK setempat.

Dengan berbekal lampu senter, tim mencari jentik nyamuk di rumah-rumah warga. Selain mencari jentik nyamuk, mereka memberi penyuluhan tentang bahaya demam berdarah dan cara penanggulanganya.

Baca Juga :  Ngeri, Pasien Meninggal Karena Corona Bertambah 2 Menjadi 22, Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Sukoharjo Kini Melonjak Mencapai Angka 548

Mereka juga tampak sangat teliti dan tidak segan-segan membersihkan barang-barang bekas yang ditemukan bakal menjadi tempat genangan air hujan.

“Terlebih belum semua warga benar-benar bebas dari demam berdarah, jadi kegiatan ini mendapat sambutan positif warga. Kegiatan ini efektif untuk menekan berjangkitnya demam berdarah,” ujar Serma Darmin mewakili Danramil Bulu dan Dandim 0726 Sukoharjo, Jumat (18/1/2019).

Baca Juga :  Menohok, Pernyataan Bakal Cawabup Wiwoho Ingatkan Pola Intervensi dan Menekan PNS dan Kades Justru Akan Berdampak Sikap Apatis Dari Rakyat!

Kegiatan pengecekan jentik dilaksanakan di bak mandi dan bak WC serta bak penampungan air. Setelah diadakan pengecekan di bak mandi dan penampungan telah ditemukan banyak jentik nyamuk.

“Langkah pertama yang diambil adalah memberikan pengertian kepada tuan rumah supaya tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah dan kamar mandi. Disarankan agar diadakan pengurasan bak mandi setiap 2 hari sekali,” tandas dia. Aris Arianto