loading...
Loading...
Tim peninjau lahan dari Kementan didampingi anggota Kodim 0728 Wonogiri menanam padi di Kecamatan Girimarto

WONOGIRI-Curah hujan yang kadang rendah di wilayah Wonogiri membawa dampak pada sektor pertanian. Puluhan bahkan ratusan hektare tanaman padi saat ini gagal tanam.

Ketua Komisi II DPRD Wonogiri Sardi yang juga pelaku usaha bidang pertanian mengungkapkan terjadi gagal tanam di daerahnya menyusul curah hujan yang relatif rendah. Benih padi yang ditanam kalangan petani di  awal musim penghujan kini banyak yang mati kering lantaran kekurangan air.

Baca Juga :  Ketua IDI Wonogiri Bayar Denda Rp 100 Juta dengan Uang Recehan Hasil Saweran

Menurut dia, sudah ada beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri yang melapor mengalami gagal tanam. Meliputi petani Kecamatan Selogiri, Manyaran,  Eromoko, Wuryantoro, dan Kecamatan Wonogiri.

“Luasan areal sawah yang gagal tanam belum bisa kami sampaikan secara rinci. Yang jelas mencapai puluhan bahkan ratusan hektare,”  ungkap dia, Jumat (11/1/2019).

Baca Juga :  Polres Wonogiri Tangkap Warga Sukoharjo, Diduga Terlibat Kasus Narkoba

Dia menuturkan, jika dalam waktu dekat tidak ada hujan dengan intensitaa sedang, dipastikan kasus gagal tanam padi di daerahnya kian meluas atau meningkat. Pihaknya mengisyaratkan jika pemerintah akan memberikan bantuan benih untuk tambal sulam tanaman yang terancam kering bahkan mati jangan diserahkan sekarang.

Baca Juga :  Kasus Narkoba di Wonogiri, Petugas Amankan Puluhan Pil Trihek

“Jika pemkab atau dinas terkait akan memberi bantuan  benih susulan jangan (diberikan) saat ini  menunggu waktu yang tepat. Kalau diberikan sekarang akan percuma karena curah hujan masih tidak menentu,” pungkas dia. Aris Arianto

Loading...