JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Dongkrak Partisipasi Pemilih Pemilu 2019, KPU Solo Maksimalkan Peran Relawan

Istimewa
Istimewa

SOLO– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo terus berupaya merealisasikan target partisipasi pemilih Pemilu 2019 yaitu 77,5%. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui Bimbingan Teknis Relawan yang digelar Selasa (29/1/2019), di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo.

Komisioner KPU Divisi Teknis Bidang Penyelenggaraan KPU Solo, Suryo Baruno mengatakan, relawan KPU mulai bertugas Februari 2019 hibgga pelaksanaan Pemilu, April 2019.

“Sebanyak 77 orang mendaftar sebagai relawan demokrasi. Namun, hanya 55 yang kita terima. Tugas utama relawan demokrasi adalah mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilihnya di TPS pada tanggal 17 April nanti. Ada sebanyak sepuluh segmen pemilih yang mantinya akan disasar relawan demokrasi ini. Segmen tersebut diantaranya keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marginal, dan komunitas keagamaan. Kita sudah bagi mereka untuk menyasar segmen itu,” paparnya.

Baca Juga :  Koleksi Ratusan Keris, Mantan Ketua Umum PSSI Sekaligus Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti Mendapat Gelar Pangeran Hardonagoro dari Keraton Solo

Ditambahkan Suryo, dari sepuluh segmen pemilih, segmen pemilih pemula menjadi perhatian khusus KPU Solo.

“Segmen pemilih berkebutuhan khusus juga tak kalah penting. Segmen ini beda dengan penyandang disabilitas. Berkebutuhan khusus adalah yang berada di rumah sakit di lembaga pemasyarakat. Tugas relawan demokrasi di lapangan bakal dipantau langsung KPU. Selain mengajak warga agar menyoblos pada tanggal 17 April, relawan demokrasi juga bertugas menjadi penghubung warga kalau ada yang belum masuk DPT atau persoalan lainnya. Misalnya kalau mau pindah menggunakan metode form A5 bagaimana caranya. Ini tugas relawan demokrasi memberikan arahan,” tukasnya. Triawati PP