JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Gendar Pecel. Ternyata Banyak Diburu Saat Ada Pagelaran Wayang Kulit. Begini Cara Membuatnya

Gendar pecel
Gendar pecel

WONOGIRI-Gendar pecel merupakan salah satu makanan tradisional Jawa yang banyak digemari masyarakat. Hal ini bisa dibuktikan diantaranya ketika ada pagelaran wayang kulit.

Biasanya setiap ada pentas wayang kulit, diramaikan pula oleh para pedagang makanan dan mainan. Nah, pedagang yang banyak dicari adalah penjual gendar pecel.

“Entah kenapa setiap ada (pertunjukan) wayang, saya dan keluarga selalu mencari gendar pecel. Rasanya kurang komplit nonton wayang tanpa makan gendar pecel,” ungkap warga Wonogiri, Wibisono, Rabu (16/1/2019).

Senada, Sri Sukisni mengaku membeli gendar pecel terlebih dahulu sebelum nonton wayang kulit. Menurut dia, sensasi pedas menyegarkan dari gendar pecel bisa membuat betah melek menyaksikan wayang yang biasanya digelar kala malam hari.

Baca Juga :  2 Warga Grobogan Tewas Kecelakaan di Dusun Mojo Desa Sedayu Slogohimo Wonogiri, Berboncengan Sepeda Motor Honda Megapro Masuk Jurang Sedalam 4 Meter. Diduga ini Pemicunya

“Murah, Rp 5000 sudah dapat banyak, maregi (bikin kenyang) tapi tidak eneg,” jelas dia.

Kenyataan tersebut yang membuat Katemi selalu menjual gendar pecel ketika ada pertunjukan wayang. Dipastikan dagangan yang dia bawa dari rumah, ludes dibeli para penonton.

Tidak susah menurut dia, membuat gendar pecel. Cukup merebus aneka sayuran, seperti daun kacang, kenikir, taouge, dan sejenisnya, dan menyediakan sambal kacang. Sementara gendar dibuat dari nasi dicampur bahan pengeyal lalu dikukus baru kemudian ditumbuk seperti membuat juadah atau jadah.

Baca Juga :  MUI itu Njejegne Aturan Dengan Hikmah, Disampaikan Ketua MUI Jateng Ahmad Dharoji Ketika Mengukuhkan Pengurus MUI Wonogiri, Ini Para Pengurusnya

“Disajikan secara dicampur, gendar ditaruh di atas daun pisang dan jati, disampingnya diberi sayuran. Terakhir disiram sambal kacang. Bisa ditambah pelengkap seperti bakwan, bacem tempe, dan lainnya,” kata dia.

Anda tertarik? Tapi tak perlu menunggu hingga ada pertunjukan wayang untuk menikmati gendar pecel. Sesekali datanglah ke Wonogiri, di sejumlah pasar tradisional banyak pedagang yang menjajakannya. Aris Arianto