JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Cara Mengembangkan UMKM di Wonogiri

Bupati Joko Sutopo memberikan keterangan kepada media usai melihat aneka produk UMKM Wonogiri.
Bupati Joko Sutopo memberikan keterangan kepada media usai melihat aneka produk UMKM Wonogiri.

WONOGIRI-Produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Wonogiri dikatakan tidak kalah bersaing dengan produk daerah lain. Hanya saja sampai saat ini belum banyak yang sampai tembus ke pasar modern.

“Upaya strategis untuk memberdayakan masyarakat adalah dengan menjalin kemitraan antara investor atau pelaku usaha besar dengan UMKM,” kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Selasa (22/1/2019).

Menjalin kerjasama dengan UMKM, lanjut dia, sekaligus merupakan bukti kepedulian investor terhadap masyarakat.

Baca Juga :  Sebenarnya Kapan to Wonogiri Mau Melaksanakan Sekolah Offline Alias Tatap Muka? Kalau Jawaban Bupati Jekek sih Seperti ini

Atas dasar tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri, mendorong kemitraan antara investor dengan UMKM sehingga kesejahteraan masyarakat bisa meningkat. Bentuknya, seperti merangkul UMKM dalam menyediakan bahan baku industri bagi perusahaan. Atau melakukan pendampingan UMKM dalam pengolahan bahan residu industri yang masih bisa dimanfaatkan, sekaligus membantu pemasarannya.

“Pemkab Wonogiri akan terus mengawasi dan mengevaluasi pola kemitraan dan pemberdayaan antara UMKM dan investor agar jangan sampai merugikan UMKM,” tambah dia.

Baca Juga :  Woro-woro Sedulur Wonogiri, Kini Ada Pelayanan Cepat Terpadu Alias Yanpatdu di Polres Wonogiri, Ngurus SKCK Hingga Kehilangan Bisa Lebih Cepat dan Mudah

Menurut dia, produk UMKM Wonogiri secara kualitas sangat bagus. Misalnya aneka olahan kuliner dan kerajinan tangan. Tidak kalah dibandingkan produk sejenis daerah lain. Sudah sepantasnya semakin banyak produk UMKM Wonogiri bisa masuk di jaring pemasaran toko modern.

“Soal kemasan sudah mengalami kemajuan pesat. Banyak produk yang tidak sekedar dibungkus plastik dan distapler atau dilekatkan menggunakan api. Intinya sangat menjual,” terang dia. Aris Arianto