JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kabar Wonogiri. Hujan Lebat Waspada Longsor dan Lesus

Pengendara menerobos genangan air hujan yang meluber di jalanan Kecamatan Slogohimo, Wonogiri, Senin (7/1/2019). Foto : istimewa.
Pengendara menerobos genangan air hujan yang meluber di jalanan Kecamatan Slogohimo, Wonogiri, Senin (7/1/2019). Foto : istimewa.

WONOGIRI-Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto meminta masyarakat mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana tanah longsor, angin puting beliung atau lesus, serta banjir.

Hal itu menyusul perkiraanBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang potensi hujan lebat dan gelombang tinggi pada 7 Januari 2019.

“Menurut perkiraan BMKG, hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi,” kata dia.

Baca Juga :  Woro-woro Lur Warga Manyaran Wonogiri TMMD Sengkuyung III 2020 Digelar di Dusun Gembuk Desa Bero, Kendati Belum Dibuka Pekerjaan Fisik Sudah Dimulai

Dia mengimbau masyarakat tetap waspada. Dia mengatakan sudah berkoordinasi dengan semua kecamatan agar meneruskan informasi perkiraan cuaca tersebut kepada masyarakat melalui lurah/kepala desa. Selain itu dia juga mengimbau kepada pengelola lokasi wisata untuk selalu waspada menghadapi kondisi cuaca saat ini.

“Harus selalu siap dan siaga. Kepada sukarelawan, kami juga sudah berkoordinasi agar bersiap untuk melakukan mobilisasi bila dibutuhkan,” terang dia.

Baca Juga :  Pengesahan Warga Baru PSHT Wonogiri, Anggota Perguruan Luar Daerah Dilarang Masuk, TNI-Polri Pemkab Gelar Apel Siaga

Menurutnya 25 kecamatan di Wonogiri memiliki potensi bencana alam berupa tanah longsor, angin topan dan banjir. Untuk wilayah yang rawan tanah longsor misalnya ada di Kismantoro, Tirtomoyo, Manyaran, Wonogiri serta daerah lain. Sedangkan di wilayah Paranggupito yang berbatasan dengan laut selatan juga berpotensi terdampak gelombang tinggi laut. Aris Arianto