JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Terungkap Alasan Penanaman Ribuan Bibit Sonokeling di DAS Sekitar WGM, Ternyata Seperti Ini

Penanaman bibit pohon sengon di Margosono, Kelurahan Punduhsari, Manyaran, Wonogiri. Foto : istimewa
Penanaman bibit pohon sengon di Margosono, Kelurahan Punduhsari, Manyaran, Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI-Ribuan bibit pohon, diantaranya jenis sonokeling ditanam di daerah aliran sungai (DAS) sekitar Waduk Gajah Mungkur (WGM). Penanaman dilaksanakan Perum Jasa Tirta (PJT) I.

Kegiatan penghijauan itu menjadi salah satu upaya untuk konservasi sumber daya air di kawasan DAS.

Kepala Subbid Divisi Air dan Sumber Air (ASA) III / 1 PJT I Didit Priambodo, mengatakan penanaman bibit pohon telah dilakukan beberapa waktu lalu. Hal itu merupakan bagian dari tugas PJT I dalam upaya konservasi DAS.

Baca Juga :  Sah Lur, Pilkada atau Pilbup Wonogiri 2020 Diikuti 2 Paslon, Yakni Joko Sutopo-Setyo Sukarno alias Josss dan Hartanto-Joko Purnomo atau Harjo, KPU Sudah Menetapkan

“Kamu bekerjasama dengan stakeholder dengan menanam ribuan jenis bibit poho. Satu di antaranya bibit Sonokeling,” kata dia, Kamis (24/1/2019).

Secara berkala, menurut dia, kegiatan serupa dilaksanakan setiap tahun, khususnya di awal musim penghujan. Penanaman bibit pohon jelas dia telah menjadi agenda rutin PJT I.

Baca Juga :  Dari Layanan KB Gratis di Puskesmas Giriwoyo 1 dan 2 Wonogiri Sukses Jaring 32 Akseptor, ini Perinciannya

Terkait intensitas hujan yang mulai tinggi, dia menyampaikan WGM masih aman. WGM Wonogiri masih mampu menampung banyak limpahan air.

Informasi dari Bagian Humas Pemkab Wonogiri, terdapat enam DAS yang bermuara di WGM. Meliputi DAS Bengawan Solo Hulu, Wiroko, Keduang, Temon, Alang, dan Ngunggahan. Aris Arianto