loading...
Loading...
Wakil Rektor I, Dr Muhammad Dai MSc. Foto: dok UMS

SUKOHARJO-Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) mulai tanggal 2 Januari hingga 25 Agustus 2019. Pendaftaran menggunakan sistem One Day Service (ODS) dan berbasis komputer. Peresmian pembukaan PMB UMS akan dilakukan Rektor UMS, Dr Sofyan Anif Msi, bertempat di Gedung Induk Siti Walidah UMS, Pabelan, Sukoharjo, Sabtu (2/1/2019).

Wakil Rektor I Bidang Akademik UMS, Dr Muhammad Dai, MSc mengatakan, pada PMB tahun akademik 2018/2019 ini, UMS membuka sebanyak 12 Fakultas. Di antaranya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Komunikasi dan Informatika, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Agama Islam, Fakultas Geografi dan Fakultas Psikologi.

“Ada banyak program studi yang ada di masing-masing fakultas tersebut. Calon mahasiswa bisa memilih program studi yang diminati. Informasi lebih detail bisa dilihat di media promosi yang dikeluarkan oleh kampus. Baik brosur, media sosial hingga website www.pmb.ums.ac.id. Jika masih kurang jelas, calon mahasiswa bisa datang langsung ke kampus untuk mendapatkan informasi sesuai yang diinginkan,” ungkap Muhammad Dai.

Baca Juga :  Wisuda Periode VI Tahun 2019, Lulusan UNS Diminta Lebih Optimis dan Peduli

Ditambahkannya, UMS juga membuka program internasional, program kelas internasional dan double degree serta program profesi. Di antaranya Program Profesi Guru (PPG).

Terkait pendaftaran dengan menggunakan sistem ODS, Dai menjelaskan, ODS yang dimaksud adalah pendaftaran, tes dan pengumuman dilaksanakan dalan satu hari atau one day service. “Semua proses bisa diikuti dalam satu hari. Cepat, mudah dan efisien. Tes menggunakan komputer atau computer based test (CBT) terdiri atas 50 soal dalam waktu 60 menit. Pengecualian beberapa program studi yang mensyaratkan ada tes kesehatan,” kata Muhammad Dai.

Baca Juga :  UPT Layanan Internasional UNS Gelar Global Challenge Fest 2019

Khusus Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi ditambah Surat Keterangan Sehat Mental dari Dokter Ahli Jiwa Rumah Sakit dan melampirkan hasil tes Minnesota Multi Phasic Personality Inventory (MMPI)- 2. “Untuk validasi dan verifikasi hasil MMPI-2 dilakukan oleh tim kesehatan PMB,” jelasnya.(Triawati Purwanto)

Loading...