JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Awas Hipnotis Modus Dihembus Asap Rokok. Karyawati BMT Mendadak Langsung Pingsan, Uang Rp 45 Juta di Brankas Dikuras Penjahat 

Warga memadati lokasi BMT yang dibobol pelaku bermodus hipnotis. Foto/Humas Polda
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Warga memadati lokasi BMT yang dibobol pelaku bermodus hipnotis. Foto/Humas Polda

PURBALINGGA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Penipuan dengan modus hipnotis kembali terjadi. Kali ini terjadi dk Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT Muhammadiyah (BTM) di Desa Losari, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jumat (15/2/2019).

Pelaku berhasil menggasak uang tunai sebesar Rp 45 juta. Kapolsek Rembang Iptu Sunarto saat memberikan konfirmasi, Sabtu (16/2/2019)  menjelaskan, aksi pelaku itu terjadi sekitar pukul 11.45 WIB, saat tiga karyawan laki laki sedang melaksanakan salat Jumat.

Kondisi kantor saat itu sedang sepi dan hanya ada karyawan perempuan dimanfaatkan pelaku untuk beraksi. Saat kejadian, pelaku seorang laki-laki masuk ke kantor jasa keuangan syariah tersebut dan ditemui kasir bernama Uun Uniarti (23). Pelaku kemudian berkomunikasi dan bertanya kepada kasir tentang seseorang bernama Budi.

Baca Juga :  Hasil Operasi Patuh Candi 2020 di Jateng, 69.513 Pengendara Terjaring Pelanggaran, 20.872 Ditilang. Kapolda Ungkap 31 Korban Meninggal Kecelakaan

“Tiba-tiba pelaku menghembuskan asap rokok ke muka korban hingga korban pingsan. Setelah korban pingsan kemudian pelaku menguras habis seluruh uang yang ada di laci meja kasir,” kata Kapolsek dilansir Tribratanews Polda Jateng.

Kejadian tersebut diketahui pertama kali oleh Sindi Aprilia (16) siswa Praktik Kerja Lapangan yang saat itu berada di lantai dua. Ketika turun, saksi melihat korban dalam keadaan pingsan dan berusaha membangunkanya namun korban tidak bangun-bangun.

Kemudian saksi meminta pertolongan ke warga sekitar yang selanjutnya berdatangan. Korban kemudian dilarikan oleh warga ke Puskesmas Rembang serta dilanjutkan dengan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Rembang.

Mendapati laporan, Kapolsek Rembang dan anggotanya langsung meluncur ke lokasi kejadian. Kemudian bersama Tim Inafis Polres Purbalingga mereka melakukan olah TKP serta melakukan pemeriksaan saksi dan korban.

Baca Juga :  Dramatis, Diwarnai Kejar-Kejaran, 2 Pencuri Motor Petani di Sawah Salam Dibekuk Rame-rame. Kapolsek Sebut Tersangka Beraksi Gunakan Kunci Palsu!

“Kasus pencurian tersebut masih dalam proses penyelidikan dan untuk penanganan selanjutnya dilimpahkan ke Satreskrim Polres Purbalingga,” jelas Kapolsek.

Kapolsek Rembang Iptu Sunarto mengimbau kepada seluruh warga untuk selalu waspada terhadap aksi pencurian dengan modus hipnotis. Hal tersebut dilakukan agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

Selain itu Kapolsek juga menekankan kepada seluruh pimpinan kantor yang mengelola jasa keuangan untuk memasang kamera pengawas (CCTV). Hal ini guna memantau situasi keamanan di lokasi kantor serta membantu mempermudah Polri dalam mengungkap setiap kasus yang terjadi. Wardoyo