JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Dapat Nilai B, Kabupaten Sragen Raih SAKIP Award 2019. Ungguli Solo dan Boyolali, Tapi Kalah Sama Wonogiri 

Penerimaan SAKIP Award. Foto/Istimewa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Penerimaan SAKIP Award. Foto/Istimewa

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM  Kemenpan RB memberikan penghargaan SAKIP Award 2018 kepada sejumlah Provinsi/Kabupaten/Kota tahun 2019. Kabupaten Sragen bersama puluhan kabupaten di Jateng meraih predikat nilai B.

SAKIP Award diberikan kepada daerah karena berhasil menerapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan baik pada tahun 2018, salah satunya untuk Kabupaten Sragen.

Sragen ada di peringkat 20 Kabupaten di Jateng dengan nilai B. Mengungguli Kota Solo, Boyolali dan Klaten. Namun Sragen kalah dengan Karanganyar yang bertengger satu trap di atasnya meski sama-sama meraih nilai B.

Kabupaten Wonogiri berjaya dengan menduduki nilai BB atau satu ranking di atas B. Sedangkan nilai A hanya diraih Pemprov Jateng.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menpan RB, Syafruddin, kepada Bupati Sragen dr Kusdinar Untung Yuni Sukowati pada acara penyampaian Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan SAKIP Award 2018 di Four Points Hotel Makassar, Selasa (18/2/2019).

Kedua kalinya Kabupaten Sragen menerima penghargaan atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah pada tahun 2018 mendapatkan nilai B,tahun 2017 mendapatkan nilai CC.

Baca Juga :  Lagi, Satu Warga Gemolong Sragen Suspek Covid-19 Meninggal Dunia. Sempat Ngeluh Sakit Perut, Jadi Kasus Meninggal ke-37

Bupati Sragen dr Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengungkapkan rasa syukurnya atas perolehan ini. Keberhasilan memperoleh nilai B karena Sragen sudah mengevaluasi dari tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, Sragen menerima hasil evaluasi dari Kemenpan RB dengan Nilai B, kami belajar dari tahun lalu, semoga untuk tahun berikutnya Sragen bisa mendapatkan hasil dan kinerja yang lebih baik, dan target tahun depan dapat nilai A, ” ungkap Bupati.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan apresiasi atas kinerja seluruh elemen pemerintahan. Hal ini menunjukkan akuntabilitas kinerja Pemkab Sragen semakin baik. Penghargaan ini tentu akan makin mendorong Pemkab terus berbuat yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Terimakasih atas teamwork dan kerja kerasnya, ini memacu kita ke depan dalam bekerja, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Pada kesempatan itu Menpan RB Syafrudin menyerahkan penghargaan sebanyak 186 pemerintah daerah di wilayah III yang terdiri dari 174 pemerintah kabupaten/kota dan 12 pemerintah provinsi se-Sulawesi, Maluku, Papua, Yogyakarta, dan Jawa Tengah untuk menerima hasil evaluasi SAKIP 2018.

LHE AKIP yang diberikan oleh Kementerian PANRB berisikan rekomendasi yang harus dilakukan pada tahun ini guna memperbaiki tata kelola pemerintahan di setiap instansi pemerintah.

Baca Juga :  Kerabat Suspek Meninggal asal Plupuh Sragen Tegaskan Hasil Swab dari RS Menunjukkan Negatif Covid-19. Sekda Tegaskan Suspek Belum Tentu Positif, Warga Diminta Tak Resah Atau Menjauhi!

Evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian PANRB merupakan evaluasi tehadap seluruh sistem yang berjalan mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, hingga pelaporan. Wardoyo

 

REKAP LHE SAKIP JATENG 2018

—————————

NILAI A :

PROPINSI JATENG

NILAI BB :

1. CILACAP

2. BANYUMAS

3. WONOGIRI

4. KOTA PEKALONGAN

NILAI B :

5. BLORA

6. KUDUS

7. PATI

8. JEPARA

9. DEMAK

10. KOTA SEMARANG

11. KAB SEMARANG

12. KAB KENDAL

13. KAB PEKALONGAN

14. KAB PEMALANG

15. KOTA TEGAL

16. KAB TEGAL

17. KAB. KEBUMEN

18. KAB PURWOREJO

19. KAB KARANGANYAR

20. KAB. SRAGEN

21. KAB BOYOLALI

22. KOTA MAGELANG

23. KOTA SALATIGA

24. KAB BANJARNEGARA

25. KAB. WONOSOBO

26. KAB KLATEN

27. KOTA SURAKARTA

28. KAB BATANG

NILAI CC  :

———-

29. KAB TEMANGGUNG

30. KAB PURBALINGGA

31. KAB GROBOGAN

32. KAB REMBANG

33. KAB SUKOHARJO

34. KAB BREBES

35. KAB MAGELANG.

Sumber: Kemenpan RB