JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Organisasi Mahasiswa Unisri Digembleng Melalui LKMM

pelatihan organisasi
Dok Humas Unisri
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar Latihan  Ketrampilan Manajemen   Mahasiswa (LKMM) di Hotel   Pondok   Sari   1   Tawangmangu, Karanganyar.

Acara tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat (15//2/2019) hingga Minggu (17/2/2019).

Menurut ketua pelaksana acara, Sri Welas Asih, acara tersebut bertujuan untuk membekali para pengurus organisasi kemahasiswaan (Ormawa) agar dapat mengelola organisasi, menyusun program kerja dan menyelenggaraan kegiatan secara  efektif.

“Kegiatan  ini diikuti 50 peserta, terdiri pengurus Unit Kegiatan  Mahasiswa  (UKM),   Dewan   Eksekutif   Mahasiswa   (DEM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan lembaga mahasiswa terkait dari 6 fakultas yang ada di lingkungan Unisri,” jelas Sri Welas Asih, sebagaimana dikutip dalam rilis yang dikirimkan ke Joglosemarnews.

Dijelaskan, LKMM itu terjadwal dan dilakukan secara berkesinambungan. Selama tiga hari mahasiswa diberi materi berupa SOP (Standar Operasional Prosedur), AD/ART Organisasi, Perumusan gagasan awal dan penjabaran rencana kerja seperti (perumusan gagasan, teknik penyusunan proposal, teknik pembuatan laporan, dan kepanitian).

Baca Juga :  PSW Unisri Ikuti Webinar Peran Perempuan di Tengah Pandemi

Selain itu juga diberikan bekal mengenai administrasi keuangan   seperti   (anggaran   pendapatan   organisasi,   anggaran   belanja   organisasi   dan  laporan keuangan   organisasi.

“Mahasiswa juga digembleng mengenai  mental   dan karakternya,” lanjutnya.

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang III, Dr Sutoyo, M.Pd. Dalam sambutannya, Sutoyo  meminta agar   seluruh pengurus Ormawa di lingkungan kampus Unisri mampu mengelola program dan kegiatan yang telah diagendakan secara  efektif dan efisien.

Baca Juga :  Gelar Wisuda di Masa Pandemi, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Pilih Cara Drive Thru, Diikuti 403 Wisudawan

Dia berharap, setelah pulang dari pelatihan LKMM, peserta mampu menerapkan ilmunya dalam berorganisasi di kampus maupun di luar kampus.

“Ini juga penting sekaligus sebagai bekal saat memasuki dunia kerja,”  paparnya. suhamdani