JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Polda Jateng Tangani 198 Pengaduan Online. AKBP Agung: Musuh Kita Bukan Lagi Manusia! 

Foto/Humas Polda
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Foto/Humas Polda

SEMARANG – Kasubdit Cyber Crime Polda Jateng, AKBP Agung Prabowo mengungkapkan sepanjang tahun 2018, terdapat 198 pengaduan online yang kesemuanya telah telah ditindaklanjuti. Menurutnya, saat ini musuh yang dominan dihadapi di era digital justru bukan musuh manusia. Akan tetapi musuh di dunia maya.

“Musuh kita bukan manusia, tapi dunia maya,” kata Agung saat menjawab penanya dalam Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Sekber Insan Pers Indonesia Jawa Tengah di Hotel Dafam Kota Semarang, Sabtu (2/2/2019).

Baca Juga :  Tahapan Coklit Pilkada Kota Semarang Fokus Kedepankan Protokol Kesehatan

Membincang tentang peran pers dalam pencegahan hoax di media sosial, Agung melanjutkan penjelasannya, dari berbagai kasus kejahatan dunia maya yang ditangani oleh Reskrimsus Cyber Jateng, menurut data mayoritas merupakan akun yang biasa disebut anonimus.

“Setelah kita bongkar, ternyata sudah kosong. Bahkan dinyatakan akun ini sudah tidak aktif lagi,” terangnya dilansir Tribrayanews Polda Jateng.

Namun demikian, Pihaknya tetap berusaha menelusuri ke penyelenggara media sosial, Facebook misalnya untuk mendapatkan keterangan lanjutan tentang akun tersebut.

Baca Juga :  9 Malmot di Pati Tak Berkutik Diringkus Polisi. Hanya Berbekal Kunci T Mampu Gasak 15 Motor Yang Diparkir Jauh Pantauan

“Kita pernah menanyakan penipuan. Facebook hanya memberikan tanggapan 3 hal, terorisme, narkoba, dan perdagangan anak,” ungkapnya.

Ketua Persatuan Wartawan Online Indonesia (PWOI) Jateng, Rohmad Dakwah mengatakan, pihaknya, berusaha melindungi para jurnalis dengan kartu pers yang terintegrasi dengan asuransi.

“Kami (PWOI Jateng), kata Rahmad, sudah merekomendasikan kartu pers secara nasional, yang digabungkan dengan asuransi BPJS Allianz, dan juga pendampingan hukum secara gratis. Selain itu, kartu yang akan dimiliki bisa digunakan sebagai kartu tol,” paparnya. Wardoyo