JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Sempat Heboh, Lubang Misterius Sedot Air Kali Kuning Sleman Sampai Kering

Tribunnews

SLEMAN — Desa Sambirejo, Kecamatan Kalasan, Sleman Provinsi DIY sempat heboh. Pasalnya, terdapat lubang besar di Kali Kuning yang menyedot air sungai sampai kering.

“Kejadiannya Jumat (8/2/2019) kemarin, sekitar pukul 11.00 WIB siang,” papar Giyanto, salah satu warga Sambirejo, Senin (11/2/2019) malam.

Saking hebohnya, peristiwa langka itu sempat direkam oleh salah satu warga dan diunggah sehingga menjadi viral.

Tifak tanggung-tanggung, bahkan peristiwa itupun diunggah pula oleh Kepala Pusat Informasi, Data, dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Baca Juga :  Toyota Yaris Tiba-tiba Oleng dan Gasak Toko Buah di Sleman, Ini Akibatnya

Namun Giyanto mengakui,  sebenarnya kejadian serupa pernah terjadi dua kali sebelumnya. Hanya saja, kali ini lubangnya jauh lebih besar.

“Warga sebelumnya sudah menahan aliran air dengan karung pasir dan sebagainya, tapi ternyata jebol lagi,” tutur Giyanto.

Menurut Giyanto, lubang tersebut terbentuk lantaran dasar sungai tidak kuat menahan aliran air di atasnya.

Baca Juga :  Microbus Rombongan Pengantin Tak Kuat Nanjak di Tanjakan Dlingo, Keplorot dan Terjadi Laka Karambol

Ia juga menyebut bagian dasar sungai tersebut sudah berlubang kecil. Debit air juga terbilang tinggi saat itu, ditambah dengan kondisi cuaca yang sering turun hujan deras.

“Karena tidak kuat menahan air, makanya lubang kecil yang sudah terbentuk di dasar sungai jadi membesar dan jebol,” jelas Giyanto.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua