JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Debat Pilpres, Kedua Cawaprea Akan Beda Fokus Soal Isu Kesehatan

debat
Ilustrasi/tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Cawapres  no urut 01 Ma’ruf Amin dan Caeapres no urut 02,  Sandiaga Uno diprediksi bakal berbeda fokus dalam hal isu kesehatan saat debat Pilpres, Minggu (17/3/2019).

“Yang saya perhatikan, kedua paslon menawarkan ide-ide yang parsial,” kata Koordinator Advokasi BPJS Watch Timboel Siregar saat dihubungi Jumat (15/3/2019).

Timboel memperkirakan, cawapres nomor urut 01, Ma’ruf Amin, akan berfokus melemparkan ide-ide seputar pelayanan kesehatan. Gagasan itu bisa saja melengkapi program BPJS Kesehatan yang telah aktif sejak 2014, yang telah menjadi isu sentral selama Joko Widodo menjabat.

Baca Juga :  Ini 6 Larangan dalam Aturan Pesepeda yang Dirilis Kemenhub

Adapun Program BPJS Kesehatan ini merupakan perluasan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Sementara itu, kata Timboel, cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno, akan menyerang lawannya dengan isu-isu defisit BPJS Kesehatan.

Problem defisit pembiayaan asuransi kesehatan tersebut selama ini diakui menjadi persoalan pemerintah yang terus dihadapi sampai hari ini.

Kendati berbeda fokus, kedua cawapres diakui bakal saling melengkapi. Keduanya juga diharapkan dapat menawarkan solusi bagi sejumlah masalah kesehatan yang hingga saat ini belum tertangani.

Baca Juga :  Sebagian Warga Jakarta Dihebohkan Suara Dentuman Misterius

“Misalnya masalah peserta non-aktif BPJS Kesehatan yang mencapai 18 juta itu harus dicarikan solusinya sehingga mereka mau bayar iuran,” ujar Timboel.

Debat ketiga pilpres akan digelar Minggu  lusa, sebagai bagian dari rangkaian lima tahap debat pilpres. Tak seperti dua kali debat sebelumnya, debat ketiga ini hanya akan menghadirkan cawapres dari kedua pasangan calon.

Adapun Debat Cawapres lusa  bakal membahas isu-isu yang menyangkut persoalan ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan, sosial, dan budaya.

www.tempo.co