loading...
Loading...
Ilustrasi rel kereta api. pexels.com

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Daops VI PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap mengoperasionalkan jalur ganda dari Stasiun Jebres hingga Stasiun Kedung Banteng, Banyumas sepanjang 34 kilometer (km). Jalur tersebut direncanakan akan mulai beroperasi Selasa (5/3/2019).

Menurut PPK Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Jawa Tengah Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Arief Sudyatmoko, proses pengerjaan jalur ganda tersebut telah mencapai 98 persen.

“PT KAI sudah menyelesaikan 98 persen proyek jalur ganda. Dan dua persen kekurangan pengerjaan hanya tinggal mencocokkan sinyal mekanik dan elektriknya saja. Total pengerjaan jalur ganda sepanjang 42 kilometer yang melintasi wilayah Daop VI dan Daop VII PT KAI. Untuk wilayah Daop VI total jalur yang dikerjakan yakni 34 km. Pengerjaanya dari (stasiun) Jebres hingga ke (stasiun) Kedung Banteng,” paparnya, Minggu (3/3/2019).

Baca Juga :  Pasca Bentrok, Pengajian Yang Hadirkan Gus Muwafiq Tetap Jalan

Ditambahkan Arief, jalur ganda melintas dari Yogyakarta, Solo hingga Surabaya. Dan sejauh ini tidak ada kendala terkait pembangunannya.

“Diharapkan dengan adanya jalur ganda ini mampu mengurai kepadatan lalu lintas KA. Termasuk bisa menambah kapasitas jumlah KA. Khususnya di titik Palur dan Kedung Banteng tidak ada persilangan. Pengoperasian jalur ganda ini nantinya akan melewati enam stasiun, yakni empat stasiun lama dan dua stasiun baru. Untuk stasiun lama yakni Stasiun Masaran, Stasiun Sragen, Stasiun Kebon Kromo dan Stasiun Kedung Banteng. Untuk stasiun baru yakni Stasiun Palur dan Kemiri,” tukasnya. Triawati PP

Loading...